in ,

Shopee Batasi 13 Kategori Produk Impor Demi UMKM

“Dengan kombinasi program ekspor dan perlindungan UMKM ini, Shopee yakin akan membawa dampak yang baik terhadap pertumbuhan UMKM di dalam negeri,” imbuh Handhika.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengapresiasi langkah Shopee Indonesia membatasi masuknya penjual cross border untuk 13 kategori produk ke pasar Indonesia. Ia mengapresiasi langkah tersebut, mengingat saat ini kualitas produk UMKM Indonesia sudah semakin baik dan tidak kalah dengan produk asing. Pembatasan akses itu, lanjut Teten, juga akan membuat permintaan terhadap produk lokal semakin meningkat.

Ia pun tegaskan pentingnya melakukan proteksi dan perlindungan pasar UMKM di tengah persaingan yang sangat ketat, terlebih di tengah pandemi Covid-19 yang berdampak pada melemahnya daya beli secara global.

Baca Juga  Omzet 100 Juta/Bulan, UMK Binaan Pertamina Naik Kelas

“Oleh karena itu, menggarap pasar lokal menjadi salah satu solusi yang diharapkan akan mempercepat pemulihan dan kebangkitan ekonomi nasional,” tegas Teten.

Di sisi lain, kebijakan Shopee sejalan dengan kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang digencarkan pemerintah. Gernas BBI bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memilih dan berbelanja produk lokal, sehingga permintaan terhadap produk lokal dan UMKM meningkat.

“Hal itu seiring dengan arahan Presiden Joko Widodo yang menekankan pentingnya bagi seluruh masyarakat untuk membeli produk lokal dan UMKM. Dengan berbelanja produk lokal dan tidak tergantung pada asing, maka upaya pemulihan ekonomi nasional yang terdampak pandemi bisa dilakukan dengan lebih baik dan lebih cepat,” ucapnya.

Baca Juga  Kota Masa Depan Versi Grab, Emtek, dan Bukalapak

Teten pun berharap, upaya yang dilakukan Shopee bisa diteladani oleh marketplace di tanah air, sebagai bentuk dukungan dan keberpihakan nyata kepada UMKM sebagai pelaku usaha utama yang mencapai 99 persen dari seluruh pelaku usaha di Indonesia.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0