in ,

Akses Pasar dan Teknologi, Dua Tuas UMKM Naik Kelas

Akses Pasar dan Teknologi
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mengatakan, perluasan akses pasar serta akselerasi berbagai inovasi di bidang teknologi dan digital harus terus diperkuat, karena keduanya adalah tuas bagi UMKM agar naik kelas. Untuk itu, ia mengajak pelaku UMKM untuk memanfaatkan berbagai platform digital dan inovasi digital lainnya agar bisa menembus pasar global.

“Dalam era digital ini, UMKM tentunya harus jeli memanfaatkan berbagai platform digital, termasuk media sosial untuk mendukung perkembangan usahanya serta mempermudah akses pada pembiayaan, distribusi, dan pemasaran produknya,” katanya saat membuka acara Karya Kreatif Indonesia 2022 (KKI 2022), secara virtual, Jumat (27/5).

Ma’ruf pun mengemukakan, UMKM di Indonesia memegang peran vital sebagai tumpuan perekonomian nasional, sehingga perlunya dorongan berkelanjutan dari berbagai pihak.

Baca Juga  Cara Mendaftarkan Merek Dagang di DJKI Kemenkumham

“UMKM sebagai penggerak ekonomi perlu dorongan berkelanjutan untuk berkarya, dengan mengedepankan kreativitas dan pembaruan—termasuk dukungan untuk meningkatkan peran perempuan dan kaum muda—dalam pemulihan dan kebangkitan UMKM, sehingga UMKM dapat menjadi penopang generasi bangsa di masa depan,” ujarnya.

Menurutnya, dukungan esensial yang juga dibutuhkan UMKM adalah dukungan sertifikasi halal, sebagai jaminan perlindungan bagi umat dalam mengonsumsi produk halal sekaligus untuk kemudahan ekspor terutama ke negara-negara berpenduduk mayoritas ekspor.

“Melalui penyelenggaraan acara ini, saya harapkan UMKM di seluruh Indonesia semakin termotivasi agar secara kontinu menghasilkan terobosan, meningkatkan kualitas produk untuk memenuhi kebutuhan pasar, menyesuaikan dengan perkembangan selera konsumen berorientasi ekspor, serta memanfaatkan berbagai platform digital agar berhasil menembus pasar internasional,” jelasnya.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *