in ,

KADIN: Fintech Berpotensi Bantu Pembiayaan UMKM

KADIN: Fintech Berpotensi Bantu Pembiayaan UMKM
FOTO: IST

Pajak.com, Bali – Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia Arsjad Rasyid menilai, fintech berpotensi besar dalam membantu menyediakan sumber pembiayaan alternatif bagi usaha mikro kecil menengah (UMKM). Sebab meski UMKM berkontribusi 60 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) dan 97 persen penyerapan tenaga kerja, namun baru 25 persen UMKM yang menerima pembiayaan. Di sisi lain, saat ini terdapat 320 lebih startup fintech yang beroperasi di Indonesia.

“Bayangkan besarnya pertumbuhan yang bisa dicapai oleh pihak lain. 75 persen UMKM jika fintech bisa memberikan bantuan pembiayaan kepada mereka. Sehingga manfaat yang diharapkan bagi fintech dan pemain digital lainnya yang melayani UMKM tidak hanya teoritis. UMKM juga akan semakin bertumbuh, meningkatkan perekonomian,” kata Arsjad dalam acara 3rd Indonesia Fintech Summit 2021 yang diselenggarakan oleh Asosiasi Fintech Indonesia dan disiarkan secara virtual, pada (11/12).

Baca Juga  Catat! Jadwal Rekayasa Lalin Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024

Selain itu, menurutnya, fintech juga berpotensi meningkatkan inklusivitas layanan keuangan, terutama bagi 100 juta populasi yang masih belum memiliki rekening perbankan dan belum bisa mengakses layanan keuangan di bank.

“Keberhasilan para pelaku usaha tradisional dari daerah dalam melakukan ekspansi bisnis itu berkat dukungan teknologi digital, khususnya fintech,” kata Arsjad.

Sebelumnya, salah satu hasil Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) KADIN Indonesia, yakni memang fokus pada upaya mendukung UMKM sebagai pilar utama perekonomian menuju Indonesia Emas 2045.

“Kita ambil spirit dari Undang-Undang Cipta Kerja. Spirit mempercepat dan permudah investasi, ada lapangan kerja bagi masyarakat dan mengurangi kemiskinan. Lalu kuatkan ekonomi daerah, kebijakannya jangan disamakan, tapi lihat potensi daerahnya. Ingat, ekonomi daerah kuat, ekonomi nasional akan kokoh,” kata Arsjad.

Baca Juga  Presiden Jokowi Serukan Aksi Komprehensif dalam Memerangi TPPU

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *