in ,

KADIN: Fintech Berpotensi Bantu Pembiayaan UMKM

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Bali Wayan Koster mengatakan, adopsi teknologi digital, termasuk pemanfaatan fintech, telah menjadi bagian dari visi dan misi Ekonomi Kerthi Bali, yakni ekonomi untuk mewujudkan Bali berdikari yang dibangun dan dikembangkan berdasarkan nilai-nilai filisofis Sad Kerthi—menjaga keseimbangan jagad alam semesta.

Ia menjelaskan, Ekonomi Kerthi Bali mengakomodasi penerapan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi digital yang mendukung 6 pilar sektor unggulan, yaitu: pertanian; kelautan dan perikanan; industri, industri kecil dan menengah (IKM), UMKM, dan koperasi; ekonomi kreatif dan digital; serta pariwisata.

“Kami berharap dapat terjalin kesepakatan dan komitmen bersama untuk memajukan dan mengembangkan industri secara bertanggung jawab yang memberikan dampak bagi Indonesia, khususnya masyarakat Bali. Mendukung pemulihan ekonomi nasional melalui inovasi keuangan digital, serta mendorong terwujudnya masyarakat Indonesia yang semakin maju, sejahtera, dan bahagia,” kata Wayan Koster.

Baca Juga  Bank DKI Raih Penghargaan ESG Recognized Commitment

Sementara itu, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo memastikan, pihaknya telah melakukan beberapa langkah dalam mendukung percepatan transformasi digital di seluruh Indonesia, salah satunya meluncurkan standardisasi nasional sistem pembayaran berupa quick response code Indonesian standard (QRIS) kepada UMKM, bahkan hingga ke pasar-pasar tradisional.

“Dalam mempercepat transformasi digital, terdapat beberapa syarat untuk mendukung ekosistem digital yang terus berkembang. Pertama, keberadaan infrastruktur dan konektivitas digital. Kedua, interkoneksi fintech dengan bank dan e-commerce. Sebab untuk mengoptimalkan manfaat, fintech tidak bisa sendirian. Harus ada sinergi dengan digital banking dan e-commerce yang potensi pasarnya besar. Ketiga, reformasi pengaturan sistem pembayaran. Keempat, peningkatan literasi keuangan,” kata Perry.

Baca Juga  Tunjukkan Kompetensimu, Berikut “Tips” Tingkatkan Rasa Percaya Diri di Kantor

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *