in ,

Jokowi: G20 Harus Dorong Peran UMKM dan Perempuan

Jokowi: G20 Harus Dorong Peran UMKM dan Perempuan
FOTO: IST

Pajak.com, Roma – Peran perempuan dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) bagi kemajuan bangsa merupakan keniscayaan. Terlebih, Indonesia memiliki lebih dari 65 juta unit UMKM yang berkontribusi terhadap 61 persen perekonomian nasional dan 64 persen pelaku UMKM Indonesia adalah perempuan. Melihat hal tersebut, saat berpidato pada side event pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang membahas soal UMKM dan bisnis milik perempuan, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan bahwa G20 harus terus mendorong penguatan peran UMKM dan perempuan melalui sejumlah aksi nyata.

“Pertama, meningkatkan inklusi keuangan UMKM dan perempuan. Inklusi keuangan adalah prioritas Indonesia. Indeks keuangan inklusif kami telah mencapai 81 persen dan kami targetkan mencapai 90 persen di tahun 2024,” ungkapnya, dikutip dari laman presidenri.go.id pada Minggu (31/10).

Baca Juga  PGN Perkuat Pengelolaan Gas Bumi “Renewable Energy”

Untuk mencapai hal itu, Jokowi menambahkan bahwa pembiayaan yang ramah dan akses pendanaan bagi UMKM di Indonesia akan terus diperkuat. Indonesia mengalokasikan 17,8 miliar dollar AS kredit usaha rakyat (KUR) dan lebih dari 2,4 juta pengusaha perempuan telah menerima bantuan ini.

Selain itu, Indonesia juga meluncurkan 1,1 miliar dollar AS bagi Program Produktif Usaha Mikro dan 63,5 persen di antaranya diterima pengusaha perempuan. Khusus untuk pengusaha perempuan mikro dan ultra-mikro, Indonesia mengembangkan skema pemodalan khusus yang disebut program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar).

“Dalam bahasa Inggris, Mekar berarti to grow, to blossom. Melambangkan semangat bagi tumbuh berkembangnya peran ekonomi perempuan,” imbuhnya.

Baca Juga  PLN Cetak Laba Bersih Rp 5,99 Triliun di Tahun 2020

Hingga saat ini, terdapat lebih dari 10,4 juta nasabah dengan total pembiayaan 1,48 miliar dollar AS dan non-performing loan yang sangat rendah, hanya 0,1 persen. Hal tersebut membuktikan kemampuan para pengusaha perempuan yang mumpuni dalam mengelola dana.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

194 Points
Upvote Downvote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0