in ,

KemenkopUKM Fokus Program Redesign Struktur Ekonomi

KemenkopUKM Fokus Program Redesign Struktur Ekonomi
FOTO: IST

Pajak.com, Bogor – Menteri Koperasi dan UKM (MenkopUKM), Teten Masduki menegaskan pihaknya akan tetap fokus menjalankan program-program yang mampu mendongkrak skala ekonomi UMKM, salah satunya melalui redesign struktur ekonomi.

“Sejak saya dipercaya menjadi Menteri di KemenkopUKM, saya diminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk redesign kebijakan untuk program pengembangan UMKM, mengubah struktur ekonomi kita yang berpuluh-puluh tahun didominasi oleh sektor mikro,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, Jumat (24/12).

Menurutnya, kebijakan di KemenkopUKM yang sekarang ini, tak bisa meneruskan kebijakan-kebijakan lama karena dirasa tak mampu mengubah struktur ekonomi. Pasalnya sejak krisis 1998, 2008 dan saat ini krisis akibat pandemi, sektor ekonomi mikro yang masih mendominasi usaha.

Baca Juga  Presiden Jokowi Resmi Buka Presidensi G20 Indonesia

“Memang sekitar 97 persen penyerapan tenaga kerja itu didominasi UMKM, namun UMKM nya masih level mikro, di mana sistem ekonominya unstable tingkat rumah tangga. Untuk itu, sektor ini perlu kita naikkan, jangan jadi mikro terus,” tambahnya.

Teten melanjutkan bahwa saat ini mindset UMKM mulai sedikit berubah. Jika dahulu hanya berkutat pada usaha yang itu-itu saja. Sekarang UMKM mulai mengubah sedikit demi sedikit konsep usaha dengan berbagai inovasi, sehingga kesadaran untuk naik kelas sudah mulai timbul.

Menurutnya, pemerintah juga harus segera menyediakan lapangan kerja yang berkualitas dan hal tersebut tidak bisa hanya mengandalkan dari pemerintah saja. Untuk itu, berbagai kolaborasi, inovasi usaha di level kecil, menengah hingga korporasi turut berkontribusi menyediakan lapangan kerja agar kelompok ekonomi kelas menengah dapat semakin tumbuh.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0