in ,

Indonesia dan Rusia Kerja Sama Pengembangan EBT

Indonesia dan Rusia Kerja Sama Pengembangan EBT
FOTO: IST

Pajak.com, JakartaIndonesia dan Rusia menyepakati kerja sama pengembangan energi baru dan tebarukan (EBT). Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, kerja sama bilateral ini menjadi salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan investasi dalam pengurangan emisi karbon di Indonesia.

Seperti diketahui, Indonesia menargetkan penurunan emisi pada tahun 2030 sebesar 29 persen dengan usaha sendiri dan 41 persen dengan dukungan internasional. Target itu sesuai dengan nationally determined contributions (NDC).

“Indonesia dan Rusia sepakat untuk mendorong kerja sama dalam hal pengembangan EBT, khususnya energi hidro dan hidrogen. Rencana itu dapat menjadi kelanjutan kerja sama investasi yang saat ini sedang berjalan, seperti pembangunan kilang minyak di Tuban, Jawa Timur dan Blok Natuna. Selain itu juga pembangunan floating power plant (pembangkit listrik terapung) sebagai langkah bersama dalam pengurangan emisi karbon,” kata Airlangga dalam konferensi pers usai pertemuan dengan Duta Besar Federasi Rusia untuk Republik Indonesia Lyudmila Georgievna Vorobieva, yang disiarkan secara virtual, pada (24/12).

Baca Juga  “Tips” Jaga Keamanan Data Pribadi

Ia mengungkap, Rusia tercatat menempati peringkat ke-37 negara investor di Indonesia dengan total investasi per kuartal-III 2021 mencapai 9,2 juta dollar AS dalam 280 proyek.

“Jumlah itu dapat terus meningkat melalui penguatan kerja sama kedua negara. Masih terdapat banyak potensi kerja sama perdagangan dan investasi yang dapat dijajaki dan dieksplorasi lebih lanjut oleh kedua negara,” kata Airlangga.

Selain itu, sejumlah isu dan potensi kerja sama strategis yang dibahas Airlangga dan Lyudmila, antara lain terkait industri kedirgantaraan dan antariksa, energi, infrastruktur transportasi dan perkeretaapian, industri perkapalan, produk peternakan, serta platform ekonomi digital.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0