in ,

Pertemuan Jokowi-PM Singapura Hasilkan Investasi

Pertemuan Jokowi-PM Singapura Hasilkan Investasi
FOTO: IST

Pajak.com, Bintan – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong, di The Sanchaya Resort Bintan, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, (25/1). Pertemuan ini menghasilkan investasi bagi Indonesia senilai 9,2 miliar dollar AS, utamanya bidang energi baru dan terbarukan (EBT). Investasi itu akan dilakukan sekitar Batam, Pulau Sumba, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Investasi di bidang energi dan energi terbarukan terus menjadi prioritas pemerintah Indonesia dalam rangka memajukan ekonomi hijau dan berkelanjutan. Untuk mendukung iklim investasi hijau, dalam rangkaian pertemuan retreat ini telah ditandatangani MoU (memorandum of understanding) kerja sama energi, kemudian MoU kerja sama green and circular economy development,” kata Jokowi dalam konferensi pers yang disampaikan secara virtual, (25/1).

Baca Juga  Bahlil Promosikan Investasi Indonesia ke Amerika Serikat

Ia menyampaikan, Singapura selama ini merupakan salah satu investor terbesar di Indonesia. Investasi Singapura di Indonesia pada Januari–September 2021 tercatat senilai 7,3 miliar dollar AS.

Dalam menjaga stabilitas finansial dan moneter guna mendukung pemulihan ekonomi, kedua negara telah menandatangani beberapa kerja sama, antara lain MoU local currency bilateral swap agreement dan bilateral repo line pada November 2021.

“Indonesia berharap agar MoU antara Bank Sentral terkait inovasi pembayaran anti pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme dapat segera ditandatangani. Indonesia dan Singapura saat ini sedang memfinalisasi kerja sama pengakuan vaksin dan penyelarasan interoperabilitas platform pelacakan dan perlindungan yang dimiliki kedua negara,” kata Jokowi.

Baca Juga  Pelaku Industri Usulkan Pajak Transaksi Bitcoin

Di bidang politik hukum dan keamanan, Indonesia menyambut baik tercapainya sejumlah kesepakatan, diantaranya exchange of letters antara menteri koordinator bidang maritim dan investasi Indonesia dengan menteri koordinasi untuk keamanan nasional Singapura.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0