in ,

Kemenperin Selenggarakan Program Pendidikan D1

Kemenperin Selenggarakan Program Pendidikan D1 Tingkatkan Sumber daya manusia
FOTO : IST

Pajak.com, Jakarta – Kementerian Perindustrian melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) bekerja sama dengan perguruan tinggi vokasi Politeknik AKA Bogor mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di sektor industri. Kerja sama ini dalam upaya menginisiasi dan menyelenggarakan pendidikan setara Diploma 1 (D1) bidang penjaminan mutu industri pangan.

Kepala BPSDMI Kemenperin Arus Gunawan mengatakan, program D1 yang diinisiasi oleh BPSDMI Kemenperin merupakan upaya untuk menyelaraskan kebutuhan industri dan perkembangan teknologi modern. Misalnya, calon peserta akan dibekali dengan mata kuliah terkait penerapan industri 4.0.

“Total mata kuliah ada sebanyak 40 SKS, yang terdiri dari 70 persen praktik dan 30 persen teori. Untuk mengimplementasikan hasil perkuliahan, calon lulusan diwajibkan mengikuti program magang di perusahaan yang telah bekerja sama untuk belajar mengenai penerapan industri 4.0,” jelas Arus melalui keterangan tertulis Selasa, (25/1/22).

Baca Juga  Pemerintah Alokasikan Rp 30,8 Triliun untuk THR PNS

Menurut Arus, program setara D1 ini juga merupakan langkah awal yang sejalan dengan kebijakan pembangunan vokasi industri bertaraf global menuju corporate university. Hal ini merupakan inisiatif strategis program transformasi kelembagaan BPSDMI dan unit-unit pendidikan untuk melakukan perubahan menuju arah global. Upaya transformasi sebagai corporate university dilakukan melalui penyelenggaraan pendidikan dual system dengan science, technology, engineering, and mathematics (STEM) learning model berstandar global dan pengembangan kelas industri.

BPSDMI Kemenperin terus melakukan upaya penguatan dan pengembangan SDM industri pangan melalui program pendidikan vokasi yang link and match dengan industri. Selain itu, dalam menyiapkan kompetensi SDM dalam menghadapi era industri 4.0, Kemenperin telah membangun Pusat Industri Digital Indonesia (PIDI 4.0) sebagai solusi satu atap implementasi Industri 4.0 di Indonesia dan sebagai Jendela Industri 4.0 Indonesia pada dunia.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings