Kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers adalah hak asasi manusia yang dilindungi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia PBB. Keberadaan media siber di Indonesia juga merupakan bagian dari kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers.

Media siber memiliki karakter khusus sehingga memerlukan pedoman agar pengelolaannya dapat dilaksanakan secara profesional, memenuhi fungsi, hak, dan kewajibannya sesuai Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik. Untuk itu Dewan Pers bersama organisasi pers, pengelola media siber, dan masyarakat menyusun Pedoman Pemberitaan Media Siber sebagai berikut:

1. Ruang Lingkup

  1. Media Siber adalah segala bentuk media yang menggunakan wahana internet dan melaksanakan kegiatan jurnalistik, serta memenuhi persyaratan Undang-Undang Pers dan Standar Perusahaan Pers yang ditetapkan Dewan Pers.
  2. Isi Buatan Pengguna (User Generated Content) adalah segala isi yang dibuat dan atau dipublikasikan oleh pengguna media siber, antara lain, artikel, gambar, komentar, suara, video dan berbagai bentuk unggahan yang melekat pada media siber, seperti blog, forum, komentar pembaca atau pemirsa, dan bentuk lain.

2. Verifikasi dan keberimbangan berita

  1. Pada prinsipnya setiap berita harus melalui verifikasi.
  2. Berita yang dapat merugikan pihak lain memerlukan verifikasi pada berita yang sama untuk memenuhi prinsip akurasi dan keberimbangan.
  3. Ketentuan dalam butir (a) di atas dikecualikan, dengan syarat:
    1) Berita benar-benar mengandung kepentingan publik yang bersifat mendesak;
    2) Sumber berita yang pertama adalah sumber yang jelas disebutkan identitasnya, kredibel dan kompeten;
    3) Subyek berita yang harus dikonfirmasi tidak diketahui keberadaannya dan atau tidak dapat diwawancarai;
    4) Media memberikan penjelasan kepada pembaca bahwa berita tersebut masih memerlukan verifikasi lebih lanjut yang diupayakan dalam waktu secepatnya. Penjelasan dimuat pada bagian akhir dari berita yang sama, di dalam kurung dan menggunakan huruf miring.
  4. Setelah memuat berita sesuai dengan butir (c), media wajib meneruskan upaya verifikasi, dan setelah verifikasi didapatkan, hasil verifikasi dicantumkan pada berita pemutakhiran (update) dengan tautan pada berita yang belum terverifikasi.

3. Isi Buatan Pengguna (User Generated Content)

  1. Media siber wajib mencantumkan syarat dan ketentuan mengenai Isi Buatan Pengguna yang tidak bertentangan dengan Undang-Undang No. 40 tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik, yang ditempatkan secara terang dan jelas.
  2. Media siber mewajibkan setiap pengguna untuk melakukan registrasi keanggotaan dan melakukan proses log-in terlebih dahulu untuk dapat mempublikasikan semua bentuk Isi Buatan Pengguna. Ketentuan mengenai log-in akan diatur lebih lanjut.
  3. Dalam registrasi tersebut, media siber mewajibkan pengguna memberi persetujuan tertulis bahwa Isi Buatan Pengguna yang dipublikasikan:
    1) Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul;
    2) Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan;
    3) Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.
  4. Media siber memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus Isi Buatan Pengguna yang bertentangan dengan butir (c).
  5. Media siber wajib menyediakan mekanisme pengaduan Isi Buatan Pengguna yang dinilai melanggar ketentuan pada butir (c). Mekanisme tersebut harus disediakan di tempat yang dengan mudah dapat diakses pengguna.
  6. Media siber wajib menyunting, menghapus, dan melakukan tindakan koreksi setiap Isi Buatan Pengguna yang dilaporkan dan melanggar ketentuan butir (c), sesegera mungkin secara proporsional selambat-lambatnya 2 x 24 jam setelah pengaduan diterima.
  7. Media siber yang telah memenuhi ketentuan pada butir (a), (b), (c), dan (f) tidak dibebani tanggung jawab atas masalah yang ditimbulkan akibat pemuatan isi yang melanggar ketentuan pada butir (c).
  8. Media siber bertanggung jawab atas Isi Buatan Pengguna yang dilaporkan bila tidak mengambil tindakan koreksi setelah batas waktu sebagaimana tersebut pada butir (f).

4. Ralat, Koreksi, dan Hak Jawab

  1. Ralat, koreksi, dan hak jawab mengacu pada Undang-Undang Pers, Kode Etik Jurnalistik, dan Pedoman Hak Jawab yang ditetapkan Dewan Pers.
  2. Ralat, koreksi dan atau hak jawab wajib ditautkan pada berita yang diralat, dikoreksi atau yang diberi hak jawab.
  3. Di setiap berita ralat, koreksi, dan hak jawab wajib dicantumkan waktu pemuatan ralat, koreksi, dan atau hak jawab tersebut.
  4. Bila suatu berita media siber tertentu disebarluaskan media siber lain, maka:
    1) Tanggung jawab media siber pembuat berita terbatas pada berita yang dipublikasikan di media siber tersebut atau media siber yang berada di bawah otoritas teknisnya;
    2) Koreksi berita yang dilakukan oleh sebuah media siber, juga harus dilakukan oleh media siber lain yang mengutip berita dari media siber yang dikoreksi itu;
    3) Media yang menyebarluaskan berita dari sebuah media siber dan tidak melakukan koreksi atas berita sesuai yang dilakukan oleh media siber pemilik dan atau pembuat berita tersebut, bertanggung jawab penuh atas semua akibat hukum dari berita yang tidak dikoreksinya itu.
  5. Sesuai dengan Undang-Undang Pers, media siber yang tidak melayani hak jawab dapat dijatuhi sanksi hukum pidana denda paling banyak Rp500.000.000 (Lima ratus juta rupiah).

5. Pencabutan Berita

  1. Berita yang sudah dipublikasikan tidak dapat dicabut karena alasan penyensoran dari pihak luar redaksi, kecuali terkait masalah SARA, kesusilaan, masa depan anak, pengalaman traumatik korban atau berdasarkan pertimbangan khusus lain yang ditetapkan Dewan Pers.
  2. Media siber lain wajib mengikuti pencabutan kutipan berita dari media asal yang telah dicabut.
  3. Pencabutan berita wajib disertai dengan alasan pencabutan dan diumumkan kepada publik.

6. Iklan

  1. Media siber wajib membedakan dengan tegas antara produk berita dan iklan.
  2. Setiap berita/artikel/isi yang merupakan iklan dan atau isi berbayar wajib mencantumkan keterangan ”advertorial”, ”iklan”, ”ads”, ”sponsored”, atau kata lain yang menjelaskan bahwa berita/artikel/isi tersebut adalah iklan.

7. Hak Cipta

Media siber wajib menghormati hak cipta sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.

8. Pencantuman Pedoman

Media siber wajib mencantumkan Pedoman Pemberitaan Media Siber ini di medianya secara terang dan jelas.

9. Sengketa

Penilaian akhir atas sengketa mengenai pelaksanaan Pedoman Pemberitaan Media Siber ini diselesaikan oleh Dewan Pers.

Segala konten yang terdapat di dalam website Pajak.com (gambar, tulisan, video, ikon, logo) dilindungi oleh Undang-Undang Hak Cipta. Materi-materi tersebut dapat dimanfaatkan publik untuk kepentingan atau individu demi keperluan referensi dan non-komersial.

Bagi siapapun yang ingin memanfaatkan materi tersebut dari website Pajak.com dengan cara apapun (menyadur, mengutip, memproduksi ulang, memperbanyak dan/atau menyebarluaskan) isi keseluruhan materi, harus memenuhi kriteria dan syarat sebagai berikut:
Pemanfaatan materi untuk keperluan pendidikan, penelitian komersial maupun nonkomersial, atau konsumsi individu tidak harus meminta izin terlebih dahulu kepada Pajak.com. Namun disarankan jika pemilik kepentingan untuk meminta izin terlebih dahulu.
Pemanfaatan materi selain hal yang disebutkan di atas harus meminta izin dari Pajak.com terlebih dulu.

Privasi anda sangatlah penting bagi kami. Kebijakan privasi ini menjelaskan praktik informasi website kami dan pilihan yang terkait dengan anda. Kebijakan privasi ini berlaku untuk website kami, dan website kami lainnya yang menampilkan kebijakan privasi ini, serta layanan yang tersedia melalui website kami. Beberapa website kami mungkin memasukkan kebijakan privasi tambahan atau berbeda, dan jika kebijakan privasinya berbeda tetap berlaku, ini akan diungkapkan dengan jelas kepada anda.

Kebijakan privasi ini dimaksudkan untuk mengungkapkan bagaimana website kami mengumpulkan, menggunakan, dan mengungkapkan informasi pribadi tentang pengguna website kami, serta untuk menjelaskan pilihan dan hak yang dimiliki individu mengenai informasi pribadi mereka.

  1. GDPR (General Data Protection Regulation / Peraturan Perlindungan Data Umum)
    Pemberitahuan Privasi GDPR kami berisi informasi tambahan tentang bagaimana media jurnalisme pajak.com memproses informasi pribadi yang tunduk pada undang-undang perlindungan data yang mencakup informasi pribadi tentang pengguna situs dan lainnya, dan dengan siapa kami terlibat.
  2. Informasi yang Kami Kumpulkan
    Kami mengumpulkan informasi secara langsung dari individu secara online, serta secara otomatis melalui penggunaan website kami:

    1. Informasi dikumpulkan secara langsung.
      Kami dapat mengumpulkan informasi pribadi tentang anda: seperti nama, alamat, nomor telepon, alamat email, dan lainnya langsung dari anda. Misalnya, informasi pribadi dapat dikumpulkan ketika anda mengisi formulir ‘Hubungi Kami’, mendaftar untuk milis kami, mendaftar untuk acara yang kami selenggarakan atau sponsori, mengirimkan informasi sebagai bagian dari layanan online tertentu, memposting komentar di blog kami, atau memberikan kami informasi melalui website. Secara umum, informasi yang kami kumpulkan meliputi diri anda:

      • Nama pribadi, nama perusahaan, dan jabatan.
      • Alamat email, nomor telepon, alamat surat, dan rincian kontak.
      • Preferensi dan minat kontak.
      • Afiliasi bisnis.
      • Untuk acara atau kegiatan, ini mungkin termasuk ketentuan khusus, akomodasi yang diminta dan preferensi terkait lainnya.
      • Informasi yang terkait dengan permintaan atau pertanyaan anda.
    2. Informasi yang dikumpulkan secara otomatis.
      Kami menggunakan cookie, file log, tag piksel, objek penyimpanan lokal, dan teknologi pelacakan lainnya untuk secara otomatis mengumpulkan informasi ketika pengguna mengakses atau menggunakan layanan atau mengunjungi website kami, seperti alamat IP, informasi lokasi umum, nama domain, tampilan halaman, dan cap tanggal / waktu, tipe browser, tipe perangkat, ID perangkat, penyedia layanan Internet (ISP), rujukan / keluar URL, sistem operasi, bahasa, data aliran klik, dan informasi lain tentang tautan yang diklik, fitur yang digunakan, ukuran file mengunggah, mengalirkan atau menghapus, dan informasi perangkat serta penggunaan serupa.
  3. Penggunaan Informasi Pribadi oleh Kami
    Kami menggunakan informasi pribadi yang anda berikan untuk menanggapi permintaan atau pertanyaan anda dalam kegiatan bisnis kami, secara umum kami menggunakan informasi (termasuk informasi pribadi) yang kami kumpulkan secara online sebagai berikut:

    1. Memberikan dukungan dan layanan.
      Untuk menyediakan dan mengoperasikan website kami, berkomunikasi dengan anda tentang penggunaan anda pada website, memberikan pemecahan masalah dan dukungan teknis, menjawab pertanyaan anda, memenuhi pesanan dan permintaan anda, memproses pembayaran anda, berkomunikasi dengan anda, dan untuk layanan serupa dan dukungan tujuan anda.
    2. Menanggapi permintaan anda.
      Untuk menanggapi pertanyaan, memenuhi pesanan dan permintaan anda, dan mempertimbangkan permintaan atau aplikasi anda (misalnya, jika anda telah mengirimkan resume atau informasi aplikasi lainnya secara online atau melalui email, kami akan menggunakannya sebagai bagian dari proses peninjauan aplikasi).
    3. Personalisasi.
      Untuk menyesuaikan konten, kami dapat mengirim atau menampilkan di website, termasuk untuk menawarkan penyesuaian lokasi dan bantuan serta instruksi yang dipersonalisasi, dan untuk mempersonalisasi pengalaman anda.
    4. Buletin, milis, dan pemasaran langsung.
      Untuk tujuan pemasaran langsung, termasuk mengirimi anda buletin, peringatan klien, dan informasi yang menurut kami mungkin menarik bagi anda. Jika anda berada di wilayah hukum yang memerlukan persetujuan untuk menerima pesan pemasaran elektronik, kami hanya akan mengirimi anda pesan tersebut jika anda memilih untuk menerimanya.
    5. Analisa dan pengembangan.
      Untuk lebih memahami bagaimana pengguna mengakses dan menggunakan website, dan produk serta penawaran kami yang lain, dan untuk tujuan penelitian dan analisis lainnya, seperti untuk mengevaluasi dan meningkatkan layanan dan operasi bisnis kami dan untuk mengembangkan layanan dan fitur.
    6. Perlindungan hak hukum dan pencegahan penyalahgunaan
      Untuk melindungi website dan operasi bisnis kami, untuk mencegah dan mendeteksi penipuan, aktivitas dan akses tidak sah, dan penyalahgunaan lainnya, di mana kami percaya perlu untuk menyelidiki, mencegah atau mengambil tindakan mengenai kegiatan ilegal, dugaan penipuan, situasi yang melibatkan potensi ancaman terhadap keselamatan atau hak hukum orang atau pihak ketiga mana pun, atau pelanggaran terhadap ketentuan penggunaan website kami atau kebijakan privasi ini.
    7. Memenuhi kewajiban hukum.
      Untuk mematuhi hukum atau proses hukum. Sebagai contoh, kami dapat mengungkapkan informasi sebagai tanggapan terhadap panggilan pengadilan, perintah pengadilan dan, atau permintaan sah lainnya oleh regulator dan atau penegak hukum, termasuk menanggapi persyaratan keamanan nasional atau persyaratan pengungkapan penegakan hukum.
    8. Operasional bisnis.
      Bila perlu, untuk administrasi bisnis umum kami, akuntansi, pencatatan dan fungsi hukum.
    9. Informasi anonim dan tidak teridentifikasi.
      Kami membuat dan menggunakan informasi anonim dan tidak teridentifikasi untuk menilai, meningkatkan, dan mengembangkan bisnis, produk, dan layanan kami, dan untuk tujuan penelitian dan analisis yang serupa.
  4. Pengungkapan Informasi Pribadi
    Pajak.com adalah media jurnalisme online berbadan hukum, dan segala informasi yang kami kumpulkan atau yang anda berikan kepada kami dapat dibagikan dan diproses oleh entitas praktik pajak.com. Anda dapat mengetahui lebih lanjut tentang entitas dan lokasi kami di sini. Kami tidak akan menyewakan atau menjual informasi pribadi anda, kami juga tidak akan membagikannya dengan pihak ketiga, di luar kami, untuk tujuan pemasaran mereka. Kami dapat membagikan informasi pribadi dengan kategori pihak ketiga sebagai berikut:

    1. Penyedia layanan pihak ketiga yang menyediakan layanan kepada kami atau kepada siapa kami melakukan outsourcing layanan tertentu, seperti hosting data, perangkat lunak atau layanan teknologi lainnya.
    2. Penasihat profesional kami, seperti: pengacara dan akuntan.
    3. Pemerintah dan, atau otoritas regulasi.
    4. Asuransi ganti rugi profesional.
    5. Regulator, otoritas pajak dan, atau registrasi perusahaan. Selain itu, kami dapat mengungkapkan informasi pribadi kepada pihak ketiga lainnya dalam kondisi berikut:
      • Transfer bisnis, sebagai bagian dari penggabungan, penjualan, dan pengalihan aset kami, akuisisi atau restrukturisasi semua atau sebagian dari bisnis kami, kebangkrutan, atau peristiwa serupa, termasuk yang terkait dengan uji tuntas yang dilakukan sebelum acara yang diizinkan oleh hukum.
      • Dibutuhkan secara hukum, jika kami diharuskan untuk melakukannya oleh hukum (misalnya, untuk penegakan hukum, pengadilan atau orang lain, misalnya, dalam menanggapi panggilan pengadilan atau perintah pengadilan).
      • Perlindungan hak kami, dimana kami percaya perlu untuk menanggapi klaim yang diajukan terhadap kami, mematuhi proses hukum (misalnya, panggilan pengadilan atau surat perintah), menegakkan atau mengelola perjanjian dan ketentuan kami, atau untuk pencegahan penipuan, penilaian resiko, penyelidikan, dan untuk melindungi hak, properti atau keamanan website pajak.com, klien dan pelanggan kami, atau orang lain. Kami juga dapat membagikan informasi agregat atau yang tidak diidentifikasi dengan pihak ketiga untuk penelitian, pemasaran, analisis, dan tujuan lain, asalkan informasi tersebut tidak mengidentifikasi individu tertentu.
  5. Cookie dan Perangkat
    Kami dan penyedia layanan kami menggunakan cookie, piksel, file log, dan mekanisme lainnya untuk mengumpulkan informasi tentang penggunaan anda terhadap situs kami.

    1. Cookie. Cookie adalah pengidentifikasi alfanumerik yang kami transfer ke hard drive komputer anda melalui browser web anda untuk tujuan penyimpanan data. Beberapa cookie memungkinkan kami untuk memudahkan anda menavigasi website kami, sementara yang lain digunakan untuk mengaktifkan proses login yang lebih cepat atau untuk memungkinkan kami melacak aktivitas anda saat menggunakan website kami. Sebagian besar browser web secara otomatis menerima cookie, tetapi jika anda mau, anda dapat mengedit opsi browser anda untuk memblokirnya di kemudian hari. Bagian bantuan dari bilah alat pada kebanyakan browser akan memberitahu anda bagaimana mencegah komputer anda menerima cookie baru, bagaimana agar browser memberitahu anda ketika anda menerima cookie baru, atau bagaimana cara menonaktifkan cookie sekaligus.
    2. Hapus GIF, tag piksel, dan teknologi lainnya. Clear GIF adalah grafik kecil dengan pengenal unik, serupa fungsinya dengan cookie. Berbeda dengan cookie, yang disimpan di hard drive komputer anda, GIF jelas tertanam tanpa terlihat di halaman web. Kami dapat menggunakan GIF yang jelas (juga disebut sebagai suar web, bug web atau tag piksel), sehubungan dengan layanan kami, antara lain, melacak aktivitas pengguna layanan kami, membantu kami mengelola konten, dan menyusun statistik tentang penggunaan dari layanan kami. Kami dan penyedia layanan pihak ketiga kami juga menggunakan GIF yang jelas dalam email HTML untuk pelanggan kami, untuk membantu kami melacak tingkat respon email, untuk mengidentifikasi kapan email kami dilihat, dan untuk melacak apakah email kami diteruskan.
    3. File log. Sebagian besar browser mengumpulkan informasi tertentu, seperti alamat IP anda, tipe perangkat, resolusi layar, versi sistem operasi, dan tipe dan versi browser internet. Informasi ini dikumpulkan secara otomatis dan disimpan dalam file log.
    4. Analisis pihak ketiga. Kami juga menggunakan perangkat dan aplikasi otomatis, seperti Google Analytics untuk mengevaluasi penggunaan layanan kami. Kami menggunakan alat ini untuk mengumpulkan data non-pribadi tentang pengguna untuk membantu kami meningkatkan layanan dan pengalaman pengguna kami. Penyedia analisis ini dapat menggunakan cookie dan teknologi lainnya untuk melakukan layanan mereka, dan dapat menggabungkan informasi yang mereka kumpulkan tentang anda di situs kami dengan informasi lain yang telah mereka kumpulkan untuk tujuan mereka sendiri. Kebijakan ini tidak mencakup penggunaan data oleh pihak ketiga.
    5. Jangan-lacak sinyal. Website kami tidak menanggapi sinyal jangan-lacak. Namun, anda dapat menonaktifkan pelacakan tertentu seperti yang dibahas di atas (misalnya dengan menonaktifkan cookie) dan sebagaimana tercantum dalam Kebijakan Cookie kami.
  6. Pemasaran Langsung
    Sebagaimana disebutkan diatas, kami dapat mengirim email promosi berkala kepada anda, dan jika diharuskan oleh hukum, kami akan memperoleh izin anda untuk melakukannya. Anda dapat memilih keluar dari komunikasi tersebut kapan saja dengan mengikuti petunjuk memilih keluar yang terkandung dalam email atau mengirim email kepada kami di [email protected] Jika anda memilih tidak menerima email tentang rekomendasi atau informasi lain yang kami anggap menarik bagi anda, kami mungkin masih mengirimi anda email tentang akun anda atau layanan apa pun yang anda minta atau terima dari kami.
  7. Transfer Internasional
    Pajak.com adalah media jurnalisme online berbadan hukum, ketika anda mengirimkan informasi pribadi kepada kami, atau ketika orang lain memberikan informasi pribadi kepada kami, kami akan menerimanya dan memprosesnya di Indonesia dan, atau di mana kami memiliki penyedia layanan. Untuk memberikan layanan, kami juga mungkin perlu mentransfer informasi pribadi anda ke lokasi di yurisdiksi lain.
  8. Akses dan Koreksi
    Jika anda ingin meninjau informasi pribadi yang kami kumpulkan tentang anda melalui website, atau meminta kami memperbarui atau menghapusnya, silakan menghubungi kami di [email protected]
  9. Website dan Tautan Pihak Ketiga
    Website kami berisi tautan ke website lain yang praktik informasinya mungkin berbeda dari kami. Pengguna harus berkonsultasi dengan pemberitahuan privasi website lain karena kami tidak memiliki kendali atas informasi yang dikirimkan kepada, atau dikumpulkan oleh pihak ketiga ini.
  10. Acara yang Disponsori Bersama
    Pajak.com memposting informasi tentang program dan acara yang disponsori oleh atau disponsori bersama oleh perusahaan atau organisasi lain. Jika anda memilih untuk mendaftar secara elektronik untuk acara-acara ini, atau mengirimkan informasi anda kepada pihak ketiga ini, Pajak.com tidak akan memiliki kendali atas penggunaan informasi ini oleh sponsor pihak ketiga, dan Kebijakan Privasi ini tidak akan berlaku.
  11. Komitmen Kami terhadap Keamanan
    Kami menggunakan langkah-langkah keamanan untuk mencegah akses tidak sah ke informasi yang kami kumpulkan secara online. Namun, kami tidak dapat menjamin keamanan informasi pribadi anda.
  12. Cara Menghubungi Kami
    Jika anda memiliki pertanyaan atau masalah tentang Kebijakan Privasi untuk media pajak.com atau implementasinya, anda dapat menghubungi kami di [email protected] Jika suatu saat anda memutuskan bahwa kami tidak boleh lagi memegang informasi pribadi anda, atau anda ingin mengubah penggunaan yang dapat digunakan untuk informasi semacam itu, beri tahu kami dengan mengirim email kepada kami di [email protected]
  13. Revisi terhadap Kebijakan Privasi Kami
    Kami berhak merevisi Kebijakan ini atau bagian mana pun dari waktu ke waktu. Harap tinjau Kebijakan secara berkala untuk perubahan. Jika kami melakukan perubahan materi, kami akan berusaha memberikan pemberitahuan sebelum perubahan tersebut, seperti melalui email atau melalui pemberitahuan di www.pajak.com.

Apakah Anda ingin mengajak PAJAK.COM menjadi media? Silahkan kirimkan proposal dan penawaran kerjasama melalui email [email protected] atau hubungi melalui WhatsApp di nomor 62811 9996 424

Pertanyaan seputar layanan informasi, silahkan hubungi [email protected]

Pajak.com tidak bertanggung-jawab atas kegagalan penyampaian data atau informasi dari pembaca melalui berbagai saluran komunikasi, baik email, SMS, atau jalur komunikasi online lainnya akibat kesalahan teknis yang tidak diharapkan.

Pajak.com berhak memuat, atau tidak memuat, melakukan penyuntingan atau menghapus komentar, tanggapan, data atau informasi dari pembaca.

Berita ditulis oleh para jurnalis melalui liputan langsung maupun dari press release yang dilakukan untuk memberikan informasi atas dasar keterbukaan informasi publik.

Selain itu tulisan berupa artikel atau opini yang ditulis oleh penulis lepas dimana tanggung jawab hukum atau isi akan menjadi tanggung jawab masing-masing penulis.

Data dan informasi yang ditampilkan dan disebarkan melalui akun resmi sosial media Pajak.com merupakan upaya untuk memperluas jangkauan informasi. Pajak.com tidak bertanggungjawab jika ada pembaca atau pihak-pihak tertentu yang menyalahgunakan data dan informasi yang ditampilkan dan disebarkan melalui akun sosial media.