in ,

Program Startup Digital dan Digitalisasi UMKM di 2022

Program Startup Digital dan Digitalisasi UMKM di 2022
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) terus berupaya mendorong penguatan dan percepatan ekosistem ekonomi digital Indonesia dengan melanjutkan program Startup Digital dan Digitalisasi UMKM Indonesia di tahun 2022.

“Untuk memfasilitasi para startup, kementerian komunikasi dan informatika memiliki program komprehensif dimulai dari level pengenalan terhadap startup hingga business matchmaking,” kata Juru Bicara Kemkominfo Dedy Permadi dalam konferesi pers bertajuk Mendigitalkan Indonesia: Retropeksi Kominfo 2021 dan Outlook 2022, pada (31/12).

Ia mengelaborasi, level pengenalan bisnis hingga business matchmaking mencakup beberapa program. Pertama, Sekolah Beta yang memberikan literasi mengenai startup. Kedua, Gerakan 1.000 Startup Digital yang memfasilitasi inkubasi. Ketiga, Startup Studio ID yang memfasilitasi product market fit. Keempat, Hub.id yang memfasilitasi business matchmaking dan peluang investasi. Kelima, memperkuat program Indonesia Game Developer Exchanges atau IGDX yang memberikan mentorship kepada para pengembang game lokal.

Baca Juga  Sri Mulyani: Pertumbuhan Ekonomi Digital di ASEAN Diproyeksi 2 Triliun Dollar AS

Sementara, lewat program Digitalisasi UMKM, Kemkominfo menyiapkan pelaku usaha untuk dapat menjalankan aktivasi active selling. Ada pula pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) yang akan mendorong UMKM di 10 kawasan wisata prioritas.

“Peserta program telah mendapatkan pelatihan dan starter kit paket data, aplikasi agregator, aplikasi PoS (point of sales), serta learning manangement system,” tambah Dedy.

Menurutnya, kedua program prioritas Startup Digital dan Digitalisasi UMKM itu ditargetkan mampu menjangkau 100 ribu peserta di tahun 2022. Kemkominfo memetakan, sejumlah tantangan ekonomi digital Indonesia, meliputi sumber daya manusia, pembukaan aksas pasar pendaan yang terbatas, dan ekosistem infrastruktur logistik.

“Ini akan menjadi perhatian serius kementerian komunikasi dan informasi, sehingga kita bisa bersama-sama dengan ekosistem melakukan optimalisasi ekonomi digital di tahun yang akan datang,” kata Dedy.

Baca Juga  Jokowi dan Menlu Tiongkok Bahas 4 Isu Penting Ini

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *