in ,

Ekosistem Digitalisasi agar Produk UMKM Naik Kelas

Ekosistem Digitalisasi agar Produk UMKM Naik Kelas
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Pemerintah akan tetap fokus berupaya mendorong usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk naik kelas. Salah satunya dengan membangun ekosistem digitalisasi produk UMKM.

“Perkembangan investasi harus menjadi bagian terintegrasi dengan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkeadilan. Peningkatan kelas pengusaha UMKM menjadi agenda utama. Berbagai kemudahan disiapkan untuk menumbuhkan UMKM, termasuk kemitraan strategis dengan perusahaan besar, agar cepat masuk dalam rantai pasok global. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing produk UMKM, serta meningkatkan pemerataan dan kemandirian ekonomi masyarakat,” jelas Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Pidato Kenegaraan pada Sidang Tahunan MPR, DPR, dan DPD, Senin (16/8).

Salah satu upaya yang telah dilakukan pemerintah adalah dengan meluncurkan program Bangga Buatan Indonesia. Berkat program itu, hingga Agustus 2021, sekitar 14 juta atau 22 persen UMKM sudah terdigitalisasi. Sementara, nilai transaksi perdagangan digital Indonesia mencapai lebih dari Rp 253 triliun pada tahun 2020. Nilai ini diperkirakan akan meningkat menjadi Rp 330,7 triliun di tahun 2021.

Baca Juga  Pajak UMKM Penyelamat atau Penghambat

Jokowi optimistis Indonesia memiliki potensi yang sangat besar. Penetrasi internet Indonesia pada akhir Maret 2021 sebesar 76,8 persen atau mencapai sekitar 212,35 juta dengan estimasi total populasi sebanyak 276,3 juta jiwa. Dengan capaian itu, Indonesia berada di urutan ke-15 di antara negara-negara Asia.

“Perluasan akses pasar bagi produk-produk dalam negeri menjadi perhatian serius pemerintah. Program Bangga Buatan Indonesia terus kita gencarkan, sembari meningkatkan daya saing produk lokal dalam kompetisi global. Pemerintah terus mendorong pengembangan ekosistem ekonomi digital untuk meningkatkan produktivitas masyarakat. Digitalisasi ekosistem UMKM yang masuk ke aplikasi perdagangan elektronik dan lokapasar jumlahnya terus bertambah,” ungkapnya.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0