in ,

Kemkominfo Dorong UMKM Bangkit dengan Pasar Digital

Kemkominfo Dorong UMKM Bangkit dengan Pasar Digital
FOTO: IST

Pajak.com, Labuan Bajo Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) berkomitmen mendorong pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk bangkit kembali dari dampak pandemi Covid-19. Oleh karena itu, Menkominfo Johnny G. Plate mengungkapkan bahwa pihaknya akan menerapkan berbagai kebijakan strategis untuk mendongkrak eksistensi pelaku UMKM.

“Kita langsung mengambil langkah cepat dengan membentuk Forum Ekonomi Digital Kominfo yang dihadiri oleh 11 operator digital yang bersepakat menjadikan UMKM Indonesia bangkit dan menjadi tuan rumah di negaranya sendiri,” ungkapnya dalam acara Puncak Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (18/06).

Menurutnya, salah satu dukungan nyata yang dilakukan pemerintah adalah dengan mendorong pengalihan kegiatan dagang ke platform digital atau yang kerap dikenal dengan berdagang dalam jaringan (daring) melalui ruang digital.

Baca Juga  Pemerintah Cabut Aturan Pembatasan Barang Bawaan Pekerja Migran

“Dengan menggunakan ruang digital, disinyalir potensi dagang daring yang dilakukan dapat menjadi lebih besar daripada sebelumnya. Mengingat daya jangkau yang menembus batas wilayah daerah bahkan bisa mencapai negara lain,” tambahnya.

Menkominfo Johnny menjelaskan, pihaknya berkomitmen menyediakan jaringan telekomunikasi komunikasi berkualitas yang bisa digunakan pelaku usaha dalam kegiatan dagang daring, sehingga mereka dapat melakukan dagang daring dari rumahnya masing-masing tanpa harus bertatap muka.

“Kita mempunyai 348 ribu kilometer panjang kabel fiber optik yang akan membuat jaringan telekomunikasi berkualitas di berbagai daerah,” jelasnya.

Ditulis oleh

Baca Juga  Cara Penting Identifikasi dan Lapor Penipuan Digital

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *