in ,

Indonesia Inisiasi Transformasi Digital di ASEAN

Indonesia Inisiasi Transformasi Digital dan ekonomi digital di ASEAN
FOTO : IST

Pajak.Com, Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengajak negara-negara anggota ASEAN untuk meningkatkan ekonomi digital dengan melakukan transformasi digital, terutama di sektor ekonomi kreatif. Bahkan, Menteri Kominfo melontarkan inisiatif untuk menyelenggarakan ASEAN Creative Economy Business Forum.

“Kami menyampaikan inisiatif Indonesia untuk menyelenggarakan ASEAN Creative Economy Business Forum yang akan diselenggarakan pada November 2021 dengan tema Enhancing Digital Creative Economy: A Step Towards Regional Economic Recovery,” ungkapnya dalam pertemuan virtual 15th ASEAN Ministers Responsible for Information (AMRI) dari Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Jumat (12/03). Menurutnya, transformasi digital menjadi salah satu solusi yang dipilih para pelaku ekonomi kreatif untuk mengatasi tantangan yang ada. Namun, transformasi digital hanya dapat dicapai secara efektif jika kita dapat mengatasi literasi digital.

Baca Juga  Crowdo Luncurkan Pembiayaan Pelaku Usaha Perempuan

“Indonesia berharap forum tersebut dapat mempercepat implementasi ASEAN Comprehensive Recovery Framework yang pada akhirnya akan berkontribusi pada proses pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19. Di sini, kami ingin menyampaikan apresiasi Indonesia atas dukungan yang diberikan terhadap inisiatif ini, dan di bawah platform AMRI, kami berharap forum dapat lebih berkontribusi dalam peningkatan ekonomi digital,” tambahnya.

Meskipun demikian, Menteri Kominfo menyadari untuk mewujudkan komunitas digital ASEAN, peran sektor informasi dan media dalam meningkatkan kesadaran ASEAN dan mendukung pilar komunitas lainnya tidak luput dari perhatian. “Dalam hal ini, Indonesia ingin menggarisbawahi upaya berkelanjutan AMRI dalam mempromosikan kesiapan digital dan aksesibilitas digital yang inklusif. Hal ini antara lain meliputi peningkatan penyiaran digital, peningkatan literasi media dan kesehatan siber, peningkatan kapasitas personel media, serta peningkatan teknologi penyiaran baru,” tandasnya.

Baca Juga  Mendag Apresiasi Pengesahan UU AAEC oleh DPR

Di akhir pernyataan, Menteri Kominfo menegaskan bahwa digitalisasi tidak hanya sekadar untuk penyebarluasan informasi, namun memiliki kontribusi pada pemulihan ekonomi dan perwujdukan komunitas digital ASEAN. “Di era digital yang terus bertransformasi ini, manfaat digitalisasi tidak hanya perlu dimaksimalkan agar tidak hanya menyebarluaskan informasi, tetapi juga mendorong pemulihan ekonomi yang lebih cepat,” pungkasnya.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0