in ,

Pandemi Peluang Percepat Akselerasi Transformasi Digital

Pandemi Peluang Percepat Akselerasi Transformasi Digital
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Melihat permintaan yang meningkat pada sektor informasi dan komunikasi karena terjadi pergeseran perilaku masyarakat ke arah ekonomi digital di masa pandemi, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berpendapat bahwa situasi pandemi ini menjadi peluang untuk akselerasi transformasi digital di berbagai sektor ekonomi yang akan mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

“Hal ini ditunjukkan oleh aktivitas ekonomi digital di Indonesia yang terus meningkat, bahkan 41,9 persen total transaksi ekonomi digital ASEAN selama 2020 berasal dari Indonesia yang mencapai 44 miliar dollar AS, dan di 2025 diproyeksikan mencapai 124 miliar dollar AS,” ungkap Airlangga Hartarto dalam acara The 1st International Conference on Humanities and Social Sciences (ICHSS) 2021 secara virtual, Selasa (26/10).

Baca Juga  KKP Optimalkan Pelayanan Usaha Perikanan Tangkap

Menurutnya, saat pandemi ini akselerasi transformasi teknologi digital sudah digunakan dalam berbagai sektor ekonomi dan bisnis, seperti fintech, e-commerce, layanan kesehatan/pendidikan/transportasi on-line, maupun Internet of Things (IoT). Khusus untuk layanan kesehatan dan pendidikan diprediksi akan menjadi sangat besar kontribusinya dalam ekonomi digital ke depannya.

“Namun, untuk sekarang, e-commerce adalah sektor utama yang mendukung ekonomi digital di Indonesia. Sebanyak 72,73 persen dari total transaksi ekonomi digital di Indonesia berasal dari e-commerce. Pada 2020, nilai e-commerce mencapai 32 miliar dollar AS, dan diproyeksikan akan mencapai 83 miliar dollar AS di 2025,” jelasnya.

Airlangga melanjutkan, Indonesia memiliki bonus demografi yang mendukung pembentukan ekosistem digital yang berkelanjutan, terlebih mayoritas penduduk Indonesia adalah generasi Z dan milenial berusia 8-39 tahun yang memiliki tingkat adopsi digital tinggi.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

194 Points
Upvote Downvote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0