in ,

Percepatan Transformasi Digital Kunci Pemulihan Ekonomi

Percepatan Transformasi Digital Jadi Kunci Pemulihan Ekonomi
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan, pemerintah tengah melakukan percepatan transformasi digital sebagai upaya pemulihan ekonomi pascapandemi COVID-19. Transformasi digital saat ini menjadi perhatian negara-negara anggota G-20 sebagai salah satu elemen kunci dalam mempercepat pemulihan pascapandemi COVID-19, serta pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

“Percepatan transformasi digital yang berkelanjutan adalah elemen kunci dalam upaya pemulihan pasca pandemi COVID-19 sekaligus menjadi komponen pendorong dalam membangun bangsa yang lebih tangguh dan berdaya,” kata  Johnny dalam siaran pers Jumat (06/08/2021).

Menkominfo memaparkan, Peta Jalan Indonesia Digital 2021-2024 yang disusun sebagai pedoman transformasi digital Indonesia adalah pedoman strategis perjalanan Indonesia menjadi bangsa yang menerapkan digital. Hal ini dilaksanakan melalui empat pilar, yaitu infrastruktur digital, tata kelola digital, masyarakat digital, dan ekonomi digital.

Baca Juga  Ini Pembahasan Pertemuan Sri Mulyani dan AHY

Menurut Johnny, keberadaan infrastruktur digital yang kuat dan merata adalah prasyarat agar transformasi digital dapat menjangkau serta dirasakan oleh setiap orang. Upaya pemerataan pembangunan infrastruktur digital yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia juga turut dipaparkan, seperti penggelaran jaringan serat optik backbone, pengembangan jaringan fiber-link dan microwave-link, peluncuran sembilan satelit telekomunikasi, dan pembangunan 559.000 stasiun pemancar sinyal (base-transceiver stations/BTS).

Ditulis oleh

Baca Juga  Xiaomi Siap Kuasai Pasar EV dengan Peluncuran Sedan SU7

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *