in ,

BI Optimalkan Bauran Kebijakan Jaga Stabilitas Ekonomi

BI Optimalkan Bauran Kebijakan untuk Jaga Stabilitas Ekonomi
FOTO: IST

Pajak.comJakarta – Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengungkapkan, BI terus mengoptimalkan bauran kebijakan untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan serta mendukung upaya pemulihan ekonomi nasional.

“Dengan terjaganya stabilitas harga dan nilai tukar, seluruh instrumen kebijakan Bank Indonesia diarahkan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi pro-growth baik dari sisi kebijakan moneter, kebijakan makroprudensial, kebijakan sistem pembayaran, kebijakan pendalaman pasar uang, maupun kebijakan internasional dan inklusi ekonomi keuangan.” kata Perry saat konferensi pers Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) secara virtual, Jumat (6/8).

Ia mengemukakan, dari sisi kebijakan moneter, setelah menurunkan suku bunga kebijakan enam kali sejak tahun lalu, sebesar 150 basis point, BI mempertahankan kebijakan suku bunga rendah dengan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI-7DRR) tetap pada level 3,50 persen—suku bunga kebijakan moneter terendah dalam sejarah.

Baca Juga  Kemenhub Ajak Swasta Investasi Infrastruktur Transportasi

“Keputusan tersebut sejalan dengan perlunya menjaga stabilitas nilai tukar dan sistem keuangan karena ketidakpastian pasar keuangan global, di tengah prakiraan inflasi yang rendah dan upaya untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dari COVID-19,” imbuhnya.

Selain itu, Perry mengungkapkan bahwa BI juga melanjutkan kebijakan triple intervention baik spot penjualan valuta asing (valas), skema Domestic Non-Deliverable Forward (DNDF), maupun pembelian Surat Berharga Negara (SBN) dari pasar sekunder. Tentunya, ini untuk menjaga stabilitas nilai tukar rupiah yang sejalan dengan fundamental dan mekanisme pasar.

“Alhamdulillah nilai tukar terjaga di tengah ketidakpastian pasar keuangan global yang relatif tinggi,” ucapnya.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0