in ,

BI Optimalkan Bauran Kebijakan Jaga Stabilitas Ekonomi

Sementara, penguatan strategi operasi moneter terus dilakukan untuk memperkuat efektivitas stance kebijakan moneter akomodatif. BI, lanjut Perry, juga melanjutkan penambahan likuiditas ke pasar uang dan perbankan. Pada tahun ini, BI telah menambah likuiditas (quantitative easing) di perbankan sebesar Rp 101,10 triliun pada tahun 2021 (hingga 19 Juli 2021). Sedangkam sepanjang tahun lalu, BI telah melakukan quantitative easing sebanyak Rp 833,9 triliun atau 5,4 persen dari PDB.

Perry memastikan kalau BI terus melakukan koordinasi kebijakan antara kebijakan moneter dan fiskal yang erat, baik untuk menjaga stabilitas makroekonomi, pemulihan ekonomi, maupun berpartisipasi dalam penyediaan pembiayaan.

“Bank Indonesia melanjutkan pembelian SBN di pasar perdana sebagai bagian dari sinergi kebijakan Bank Indonesia dan kebijakan pemerintah untuk pendanaan APBN 2021. Hingga 19 Juli 2021, pembelian SBN di pasar perdana tercatat sebesar Rp 124,13 triliun yang terdiri dari Rp 48,67 triliun melalui mekanisme lelang utama dan Rp 75,46 triliun melalui mekanisme Greenshoe Option (GSO),” ucapnya.

Baca Juga  Catat! Jadwal Rekayasa Lalin Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024

Di sisi lain, BI juga mengakselerasi pendalaman pasar keuangan termasuk melalui implementasi Electronic Trading Platform (ETP) Multimatching, khususnya pasar uang rupiah dan valas serta percepatan pendirian Central Counterparty (CCP). Kebijakan makroprudensial akomodatif juga terus ditempuh BI untuk mendorong intermediasi keuangan perbankan.

“Untuk itu, Bank Indonesia melanjutkan upaya penguatan kebijakan transparansi suku bunga dasar kredit perbankan (SBDK) serta melakukan penyempurnaan kebijakan rasio kredit UMKM menjadi kebijakan Rasio Pembiayaan Inklusif Makroprudensial (RPIM). Ini dilakukan antara lain melalui perluasan mitra bank dalam penyaluran pembiayaan inklusif, sekuritisasi pembiayaan inklusif, dan model bisnis lain,” jelasnya.

Ditulis oleh

Baca Juga  PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Perkenalkan Kategori Baru 

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *