in ,

Menkominfo: Inovasi untuk Gerakkan Ekonomi Nasional

Menkominfo: Inovasi untuk Gerakkan Ekonomi Nasional
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Keberhasilan Indonesia dalam menangani pandemi COVID-19 membuka peluang untuk segera melakukan pemulihan berbagai aspek kehidupan masyarakat, terutama perekonomian nasional. Melihat hal tersebut, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate mengingatkan agar tetap waspada atas penularan COVID-19, sekaligus tetap menciptakan inovasi, kreasi, dan buah pikiran yang bermanfaat bagi masyarakat untuk menggerakkan ekonomi nasional.

“Kita sama-sama mengetahui bahwa pandemi COVID-19 menyebabkan disrupsi di berbagai bidang, di berbagai tatanan kehidupan kemasyarakatan. Kita melewati gelombang pertama, melewati gelombang kedua dan saat ini masih berhadapan dan berjuang keras melawan pandemi COVID-19,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (18/12).

Ia menambahkan bahwa pandemi COVID-19 memberikan dampak luar biasa di berbagai aspek dan sektor kehidupan.

Baca Juga  Mempelajari Teknik Presentasi Memukau ala Steve Jobs

“Kita mengetahui devisa negara kita pada posisi break record high. Bulan September yang lalu 146,5 miliar dollar Amerika Serikat. Di bulan Oktober 145,5 miliar dollar AS, cukup untuk lebih dari 8 bulan pembiayaan impor. Balance of Trade (BoT) atau neraca perdagangan kita positif setelah lama defisit, neraca pembayaran kita positif setelah lama negatif,” tambahnya.

Namun dengan orkestrasi yang kuat dan pengambilan keputusan yang cepat, Indonesia bisa menekan kontraksi ekonomi nasional dalam posisi yang minimal.

“BoT Indonesia dan Cina yang gap-nya begitu jauh selama ini, semakin dekat dan semakin kecil. Kita harapkan tahun depan, justru Indonesia mempunyai catatan BoT positif dengan negeri Tiongkok,” jelasnya.

Baca Juga  Moeldoko: Penerapan Perdagangan Karbon Harus Berjalan Optimal Sebelum Oktober 2024

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *