in ,

INOV Sambut Baik Penerapan Pajak Karbon di Indonesia

INOV Sambut Baik Penerapan Pajak Karbon di Indonesia
FOTO: IST

Pajak.comJakarta – PT Inocycle Technology Group Tbk (INOV) menyambut baik penerapan pajak karbon yang akan ditetapkan pemerintah sebagai upaya dalam mengurangi emisi dan efek gas rumah kaca. INOV merupakan perusahaan Clean-Tech di Indonesia yang berfokus dalam mengolah dan mendaur ulang botol PET dan sampah plastik lainnya menjadi produk daur ulang serat staple buatan atau disebut juga Recycle Polyester Staple Fiber (re-PSF).

Direktur INOV, Victor Choi mengatakan seiring dengan penerapan kebijakan pajak karbon tersebut pihaknya terus mengoptimalkan upaya pengurangan emisi, salah satunya dengan memanfaatkan energi terbarukan untuk kebutuhan operasional pabrik.

“Dari awal INOV beroperasi, isu emisi karbon menjadi salah satu perhatian kami. Kami juga secara serius terus berupaya mengurangi emisi karbon yang dihasilkan dari kegiatan operasional INOV. Salah satunya, kami telah melakukan peralihan penggunaan bahan bakar yaitu dengan menggunakan cangkang sawit yang ramah terhadap lingkungan,” ujar Victor dalam keterangan pers, Sabtu (18/12).

Baca Juga  KP2KP dan BAZNAS Edukasi Syarat Zakat sebagai Pengurang Pajak

Lebih lanjut, Victor menjelaskan asap pembakaran dari cangkang sawit lebih ramah lingkungan lantaran limbah sisa pembakaran tidak termasuk Bahan Berbahaya dan Beracun (B3). Tak hanya itu, sisa pembakaran cangkang sawit bisa dimanfaatkan untuk media tanam atau pupuk, pengurukan tanah.

“Pengelolaan limbah sisa pembakaran cangkang sawit juga bebas biaya. Kemudian pembakaran dengan menggunakan cangkang sawit tidak memerlukan bahan bakar pendukung karena panas yang dihasilkan cukup untuk memenuhi kebutuhan proses produksi,” imbuhnya.

Di samping itu, emiten daur ulang sampah plastik ini telah mengundang lembaga internasional asal Inggris, Planet Mark, untuk melakukan pengukuran emisi karbon yang dihasilkan dari energi yang digunakan sejak tahun 2019. Berdasarkan hasil pengukuran Planet Mark kala itu, total emisi karbon yang dihasilkan INOV adalah sebesar 20.275,7 tCO2e (tonnes of carbon dioxide equivalent).

Baca Juga  Jokowi: Saham Freeport Naik 61 Persen, 80 Persen Pendapatannya Masuk ke Negara

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *