in ,

Telkomsel: Industri Game Potensi Kekuatan Ekonomi Digital

Telkomsel: Industri Game Potensi Kekuatan Ekonomi Digital
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) menilai industri game dan olahraga elektronik (e-sport) di Indonesia akan terus berkembang dan potensial jadi kekuatan ekonomi digital. Saat ini infrastruktur telekomunikasi semakin baik dan kerja sama seluruh pemangku kepentingan akan membuat pertumbuhan industri game dan e-sport menjadi lebih cepat dan optimal.

Vice President Digital Lifestyle Telkomsel Nirwan Lesmana mengatakan, peluang industri game dan e-sport di tanah air untuk berkembang sangat besar. Oleh sebab itu, dibutuhkan penguatan kualitas dan sinergi untuk bisa saling mendukung industri ini.

“Industri game dan e-sports Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk terus tumbuh, bahkan berpotensi menjadi salah satu kekuatan ekonomi digital nasional di masa depan. AppsFlyer (perusahaan atribusi dan analitik global) melaporkan, total belanja dari pengguna game di Indonesia tercatat lebih dari Rp 2.000 triliun atau 140,9 miliar dollar AS pada semester I-2021. Dana tersebut digunakan untuk membeli item, avatar, diamond, coin dan lainnya di dalam game,” kata Nirwan dalam keterangan tertulis yang diterima Pajak.compada (24/12).

Baca Juga  Sri Mulyani dan Presiden ADB Bahas Kerja Sama Pemensiunan Dini Pembangkit Listrik Batu Bara

Pembelanjaan in-app purchases (IAP) pada game kategori mid-core, seperti Roblox, eFootball PES, Coin Master, Genshin Impact, dan Clash of Clans menjadi yang paling tinggi. Bahkan tercatat hingga 95 persen dari total spending untuk game di seluruh Indonesia. Menurut Nirwan, salah satu upaya Telkomsel untuk mendukung dunia games adalah dengan menggelar penghargaan Dunia Games Awards (DGA) 2021.

“Penyelenggaraan DGA 2021 ini bukan sebatas pemberian apresiasi dari Telkomsel, tetapi juga membuka peluang kolaborasi lebih luas bagi seluruh elemen di industri ini dengan memanfaatkan solusi teknologi terintegrasi guna mendorong kemajuan ekonomi kreatif Indonesia,” ujarnya.

General Manager Digital Content Creation Telkomsel Aris Sadewo menjelaskan, dalam gelaran DGA 2021, Telkomsel akan memberikan penghargaan kepada pemenang dari 16 kategori dan satu penghargaan lifetime achievement. Nominatornya terdiri dari gamers, atlet e-sports profesional, content creator, e-sports organizer, publisher dan developer game lokal, celebrity gamers, hingga fans club e-sports.

“Acara ini digelar karena game sudah menjadi poros utama dalam perkembangan digital dan kami ingin memberikan apresiasi agar para pelaku di industri ini terus semangat,” kata Aris.

Baca Juga  Airlangga Ungkap Dampak Eskalasi Konflik Iran - Israel bagi Perekonomian Nasional

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *