in ,

RUPSLB Bukalapak Putuskan Ubah Penggunaan Dana IPO

RUPSLB Bukalapak Putuskan Ubah Penggunaan Dana IPO
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – PT Bukalapak Tbk mendapat persetujuan pemegang saham untuk mengubah penggunaan dana hasil penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO). Sebelumnya, emiten bersandi BUKA ini memperoleh dana IPO senilai Rp 21,9 triliun dengan melepas sebanyak 25,77 miliar saham. Keputusan itu ditetapkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Bukalapak, pada (23/12).

Direktur Utama Bukalapak Rachmat Kaimuddin menuturkan, perubahan ini sejalan dengan strategi manajemen perseroan yang fokus pada pertumbuhan perseroan dan entitas anak usaha.

“Sehingga kami berharap perseroan dan entitas anak dapat tumbuh lebih baik ke depannya dan dapat berkembang secara berkesinambungan. Perseroan dan entitas anak juga senantiasa mengelola biaya-biaya yang timbul secara lebih efisien,” kata Rachmat, dalam keterangan tertulis yang diterima Pajak.com

Adapun, rincian perubahan penggunaan dana IPO itu antara lain, pertama, sekitar 33 persen untuk modal kerja. Kedua, 34 persen akan digunakan untuk modal kerja entitas anak, dengan rincian, yaitu sekitar 15 persen dialokasikan kepada PT Buka Mitra Indonesia, 15 persen dialokasikan kepada PT Buka Usaha Indonesia, 1 persen untuk PT Buka Investasi Bersama, 1 persen dialokasikan kepada PT Buka Pengadaan Indonesia, sebesar 1 persen untuk Bukalapak Pte. Ltd, sekitar 1 persen dialokasikan kepada PT Five Jack.

Baca Juga  BI Gagas Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan

“Sisanya akan digunakan oleh perseroan dan/atau entitas anak untuk pengembangan usaha, tapi tidak terbatas pada pembelian saham atau aset atau penyertaan saham pada satu atau lebih perusahaan, termasuk dalam rangka perjanjian patungan (joint venture) dan metode transaksi lain yang sesuai,” kata Rachmat.

Selain perubahan penggunaan dana IPO, manajemen Bukalapak juga menyetujui pengunduran diri Lau Eng Boon dari jajaran komisaris. Seperti diketahui, Lau Eng Boon sebelumnya menjabat anggota Dewan Komisaris Bukalapak. Ia juga telah memulai masa pensiunnya di Government of Singapore Investment Corporation Pte Ltd (GIC).

“Atas nama Bukalapak, perkenankan kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Lau Eng Boon atas kontribusi, masukan, dan arahan beliau yang berharga dan bernilai bagi perusahaan,” kata Rachmat.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings