in ,

Investasi Infrastruktur Kunci Pemulihan Ekonomi Global

Investasi Infrastruktur Kunci Pemulihan Ekonomi Global
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan, investasi di bidang infrastruktur memegang kunci untuk mewujudkan pemulihan ekonomi global. Hal itu juga diakui dalam pembaruan rencana aksi G20 (G20 action plan).

Berdasarkan laporan Bank Dunia 2021, pada paruh pertama tahun 2020 investasi sektor swasta dalam proyek infrastruktur di negara berkembang turun 56 persen dari periode yang sama pada 2019. Padahal menurut Sri Mulyani, investasi infrastruktur dapat mendukung pertumbuhan di banyak negara maju dan berkembang sekaligus memberikan dorongan tambahan untuk output ekonomi global.

“G20 menegaskan kembali komitmennya untuk melipatgandakan upaya mempromosikan investasi infrastruktur yang berkualitas dan mempercepat upaya untuk memobilisasi sumber pembiayaan swasta sebagai strategi pemulihan,” kata Sri Mulyani, dalam acara bertajuk B20-G20 Dialogue on Finance and Infrastructure Accelerating Sustainable and Inclusive Growth, pada (5/7). B20 atau The Business 20 merupakan outreach grup dari G20 yang mewakili komunitas bisnis internasional. Melalui keberadaan para pelaku bisnis dari seluruh dunia, B20 merefleksikan peran sektor swasta sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi yang kuat, berkelanjutan, dan berimbang.

Baca Juga  Fasilitas Fiskal Impor Vaksin Maret 2022 Capai Rp 8,9 T

Dengan demikian, Sri Mulyani menuturkan, Indonesia telah menyiapkan empat agenda potensial untuk mengembangkan infrastruktur pada 2022 mendatang.

Pertama, mempromosikan investasi infrastruktur berkelanjutan. Upaya itu dilakukan karena memiliki potensi kontribusi yang sangat besar untuk perekonomian. Di sisi lain, investasi bidang ini juga membutuhkan keterlibatan pemangku kepentingan.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *