in ,

3 Strategi Tingkatkan Instrumen Keuangan Berkelanjutan

3 Strategi Tingkatkan Instrumen Keuangan Berkelanjutan
FOTO: IST

Pajak.comJakarta – Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo membuka seminar “Scaling up the Utilization of Sustainable Financial Instruments” yang menyoroti isu pengembangan keuangan berkelanjutan (sustainable finance), sebagai salah satu dari enam agenda prioritas di jalur keuangan Presidensi G20 Indonesia 2022. Dalam sesi Leader’s Insight, Perry memaparkan tiga strategi untuk meningkatkan Sustainable Finance Instrument (SFI).

Pertama, pentingnya mengembangkan instrumen keuangan dan investasi hijau untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif.

“Hal ini dapat menjadi sumber pertumbuhan baru, perluasan tenaga kerja dan mendukung pencapaian Paris Agreement 2030,” kata Perry secara virtual, dikutip Pajak.com, Sabtu (19/2).

Kedua, pentingnya membangun ekosistem instrumen keuangan berkelanjutan yang dapat diwujudkan dengan dukungan semua pihak terkait. Di antaranya melalui kebijakan insentif maupun disinsentif; membangun infrastruktur yang resilien; termasuk elemen penting lainnya seperti taksonomi hijau, jasa verifikasi, lembaga sertifikasi hijau, dan penyedia pemeringkatan hijau.

Baca Juga  Edukasi Aset Kripto, Tokocrypto Gelar TKO Summit 2021

“Bank Indonesia bersama pemerintah akan turut mengambil peran dalam pengembangan ekosistem hijau di Indonesia melalui kebijakan dan dukungan instrumen pasar uang hijau, pembiayaan hijau dan inklusif untuk UMKM, serta ekonomi dan keuangan syariah yang berkelanjutan,” ujarnya.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *