in ,

Potensi Kontribusi Perempuan terhadap PDB Global

Pemerintah Fokus Jaga Kesehatan dan Ekonomi
FOTO: Sri Mulyani

Pajak.com, Jakarta – Perempuan memiliki potensi yang besar terhadap perekonomian global. Wirausaha perempuan berpotensi menyumbang PDB global sebesar 5 triliun dollar AS atau setara sekitar Rp 70.000 triliun pada tahun 2025.

“Peranan perempuan jadi wirausaha dalam meningkatkan aktivitas potensi, peningkatan kontribusi PDB global sangat besar,” ungkap Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam Seminar yang bertajuk Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah, Rabu (21/4).

Bahkan, berdasarkan penelitian yang dilakukan McKinsey, perempuan berpotensi memiliki kontribusi hingga 12 triliun dollar AS pada 2025.

“Statistik McKinsey menunjukkan jika sebuah perekonomian memberikan kesempatan yang sama bagi perempuan untuk berkontribusi, maka global akan mendapat manfaat sebesar 12 triliun dollar AS pada tahun 2025,” kata Sri Mulyani.

Baca Juga  Mengenal Fungsi Teknologi “Blockchain” di Dunia Digital

Selain itu, menurut peran perempuan di bidang perekonomian khususnya untuk Kawasan Asia Pasifik akan memberikan nilai tambah hingga 4,5 triliun dollar AS.

“Ini menggambarkan jika negara dengan perekonomian yang kohesif akan memberikan kesempatan secara inklusif dan setara, baik laki-laki maupun perempuan. Semuanya akan memberikan manfaat dalam bentuk daya tahan terhadap sebuah negara,” jelas Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini.

Oleh sebab itu, pemerintah Indonesia tetap melihat dimensi gender dalam merespons desain kebijakan, terutama dalam rangka pemulihan ekonomi. Baik perempuan dan pria, pemerintah tetap memberikan bantuan sosial; kredit modal untuk usaha mikro kecil menengah (UMKM); program keluarga harapan (PKH), dan sebagainya.

Baca Juga  Menves Bahlil Ajak Anak Muda Jadi Pengusaha

“Itu semuanya diberikan terutama kepada kepala keluarga perempuan. Mereka yang bertugas agar keluarganya tetap bisa berjalan dan anak-anaknya bisa sekolah,” ujarnya.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0