in ,

Jokowi Sampaikan Arahan Hadapi Gejolak Ekonomi Global

Jokowi Sampaikan Arahan
FOTO: Dok. BPMI Setpres

Pajak.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) sampaikan tujuh arahan untuk dijadikan pegangan bersama dalam menghadapi gejolak ekonomi global. Arahan tersebut ia sampaikan saat Peresmian Pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Tahun 2022 yang digelar secara hybrid di Jakarta, Kamis (28/04).

Pertama, Jokowi meminta jajarannya bekerja fokus untuk peningkatan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dengan menggunakan potensi belanja barang dan modal untuk membeli produk dalam negeri.

“Saya ingatkan lagi, potensi belanja barang dan modal dan jasa di pusat ini ada Rp 526 triliun, di daerah Rp 535 triliun. Artinya, total sudah Rp 1.062 triliun plus BUMN Rp 420 triliun. Ini angka yang besar sekali. Jangan sampai, sekali lagi, angka yang sangat besar sekali ini dibelanjakan untuk barang-barang impor sehingga produksi dalam negeri tidak berkembang meningkat. Arahkan semuanya pembelian ke produk-produk dalam negeri. Hilangkan, kurangi sebanyak-banyaknya pembelian produk impor,” ungkapnya, dikutip dari setkab.go.id.

Di saat yang bersamaan, ia meminta jajarannya untuk menyiapkan kapasitas produksi nasional dan mendorong pembuatan kebijakan yang berpihak bagi industri substitusi impor yang memproduksi kebutuhan dalam negeri, serta melakukan pendampingan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) agar naik kelas.

Baca Juga  NFT Laleilmanino dan Kolektibel Warnai Industri Musik

Kedua, ia meminta percepatan proses hilirisasi industri yang dilakukan di dalam negeri. Contohnya adalah mendorong daerah-daerah yang memiliki pertambangan untuk segera membangun smelter sehingga nilai tambah akan meningkat berlipat-lipat dan membuka lapangan kerja yang sebesar-besarnya.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0