in ,

Potensi Kontribusi Perempuan terhadap PDB Global

Selain itu, Sri Mulyani juga menekankan pentingnya memberikan kesempatan yang sama bagi perempuan untuk mendapatkan pendidikan yang laik. Sebab, peran perempuan begitu nyata dan penting di dalam mendidik keluarganya dan bahkan di dalam membangun peradaban yang berkeadilan.

“Di dalam kehidupan kita sehari-hari kita sering melihat dan mendapatkan inspirasi dari para perempuan-perempuan yang kuat dan hebat. Kita mengenal sosok Raden Ajeng Kartini yang terus memperjuangkan,” katanya.

Selain Kartini, banyak sekali inspirasi yang datang dari tokoh perempuan Islam, misalnya Khadijah, istri Nabi Muhammad SAW. Khadijah merupakan seorang pengusaha yang sukses.

“Tentu pada masa itu merupakan sesuatu yang luar biasa bahwa perempuan bisa memiliki perusahaan dan bahkan menyewa dan mempekerjakan banyak (pegawai),” kata Ketua Umum Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia ini.

Baca Juga  Xiaomi Siap Kuasai Pasar EV dengan Peluncuran Sedan SU7

Di era masa kini perempuan Indonesia juga memiliki peran yang tidak bisa dipandang sebelah mata, khususnya dalam perekonomian nasional. Hal itu tecermin dari 53,76 persen sektor UMKM dimiliki perempuan dan 97 persen karyawan merupakan perempuan. Seperti diketahui, UMKM berkontribusi 61 persen untuk perekonomian Indonesia.

Menariknya lagi, perempuan juga memiliki kecerdasan dalam berinvestasi. Terlihat dalam penerbitan ORI017 dari Rp18,34 triliun yang diterbitkan pemerintah, sebanyak 55,8 persen investornya adalah perempuan. Peran investor perempuan kembali meningkat menjadi 57,82 persen ketika pemerintah menerbitkan ORI018 serta 58,25 persen saat penerbitan SR014.

“Hal ini menggambarkan literasi dan kapasitas perempuan dalam berpikir cerdas dalam mengamankan dana untuk keluarganya dan investasikan di bidang produktif ternyata sangat potensial dan nyata. Tidak dipertanyakan lagi bahwa perempuan tidak hanya miliki potensi tapi secara aktual mampu berkontribusi secara luar biasa dalam perekonomian,” kata Sri Mulyani.

Baca Juga  Kemenves/BKPM Terbitkan 8 Juta Nomor Induk Berusaha

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *