in ,

Akses Pasar dan Teknologi, Dua Tuas UMKM Naik Kelas

Setali tiga uang, Gubernur BI Perry Warjiyo menyebut tiga kata kunci dalam tema yang diangkat KKI 2022 ini, yang diyakini bisa membangkitkan UMKM menjadi kekayaan nasional, sekaligus pendorong pertumbuhan ekonomi nasional dan global.

Pertama adalah sinergi. Pada KKI yang ketujuh ini, Perry mengklaim telah melakukan sinergi secara erat dengan 13 kementerian/lembaga seperti Kemenkop UKM, Kemenparekraf, Kemendag, dan Kementerian Perindustrian; 5 asosiasi; 26 industri; perbankan; lokapasar; sistem pembayaran, dan aggregator ekspor.

Kedua yakni digitalisasi. Perry bilang, digitalisasi adalah cara yang efektif dan efisien membangkitkan UMKM menjadi pemain-pemain tidak hanya nasional tetapi juga global, bagaimana mengintegrasikan UMKM dalam ekonomi keuangan digital nasional.

“Untuk itu, BI terus melakukan digitalisasi sistem pembayaran agar proses transaksi ekonomi UMKM bisa secara cepat melalui sistem pembayaran. Saat ini tercatat sebanyak 17,2 juta merchant sudah tersambung dalam platform digital QRIS, dan 90 persen dari jumlah itu adalah UMKM,” ungkapnya.

Baca Juga  Pos Indonesia Raih “Appreciated Social ESG Report”

Ketiga, Globalisasi. Perry berujar, KKI menampilkan produk-produk unggulan berkualitas ekspor dengan harga produsen. Setiap tahun, pihaknya telah mengurasi produk-produk UMKM binaan BI dan kementerian/lembaga, yang sejalan dengan Perpres 12/2021 agar penggunaan APBN dan APBD digunakan lebih banyak pada produk-produk UMKM.

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *