in ,

Melchor Luncurkan “Crypto Utility” untuk Valuasi Karbon

Melchor Luncurkan “Crypto Utility” untuk Valuasi Karbon
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – PT Melchor Tiara Pratama (Melchor Group) segera meluncurkan crypto utility Rantai Oxygen Indonesia (ROXI) atau semacam crypto currency (uang kripto) untuk memvaluasi karbon. Inovasi yang akan diluncurkan sekitar pertengahan September 2021 ini merupakan upaya perusahaan untuk melestarikan lingkungan dengan menggunakan teknologi digital.

Chief Executive Officer (CEO) Melchor Group Peter F Gontha menjelaskan, dengan diluncurkan crypto utility ROXI yang telah membangun sistem terintegrasi untuk pencatatan sertifikasi serapan karbon dari lahan hutan, mangrove, maupun gambut.

“Ini kita sebut crypto utility, namanya ROXI. Tapi bukan merupakan alat bayar atau yang sering disebut crypto currency. Crypto Utility ROXI adalah bagian dari upaya pelestarian lingkungan dengan pendekatan ekonomi dan teknologi digital. Jadi ROXI ini memang menggunakan teknologi mekanisme tokenisasi berbasis blockchain,” jelas Peter dalam keterangan tertulis yang dikutip Pajak.compada (12/9).

Baca Juga  Menguntungkan Investasi Reksa Dana, Emas, atau Kripto?

Sekali lagi, eks Duta Besar Indonesia untuk Polandia ini menegaskan, kripto ini bukan bersifat virtual meski berwujud digital dan juga bukan sebagai alat transaksi atau alat bayar. Kripto yang ia ciptakan berguna untuk membeli perdagangan karbon. Sebagai informasi, perdagangan karbon adalah kegiatan jual dan beli sertifikat penilaian emisi karbon dari negara maju kepada negara yang dinilai berhasil mengurangi emisi karbon.

“Penjual sertifikat emisi karbon dalam hal ini biasanya dilakukan oleh negara-negara yang memiliki hutan yang luas sebagai penyerap karbon. Sementara itu pembelinya adalah negara maju dan industri-industri besar,” jelas eks Vice President American Express Bank untuk Asia ini.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0