in ,

Pemerintah AS dan Pelaku Uang Kripto Bahas Stablecoin

Pemerintah AS dan Pelaku Uang Kripto Bahas Stablecoin
FOTO: IST

Pajak.comWashington – Kementerian Keuangan Amerika Serikat (AS) bertemu dengan sejumlah pelaku industri cryptocurrency pada pekan ini untuk membahas risiko dan manfaat yang ditimbulkan oleh Stablecoin. Betapa tidak, pembuat kebijakan Washington khawatir dengan pasar cryptocurrency yang berkembang pesat melampaui rekor hingga 2 triliun dollar AS pada April lalu.

Bahkan, berdasarkan data dari CoinMarketCap, kapitalisasi pasar Stablecoin mencapai sekitar 125 miliar dollar AS pada Jumat (10/9). Namun, hingga kini tidak jelas peraturan keuangan mana yang berlaku untuk produk yang relatif baru ini. Stablecoin sejatinya merupakan mata uang kripto yang didesain agar pergerakannya tidak sebergejolak mata uang kripto lain. Caranya, dengan mematok harga dari mata uang digital tersebut menggunakan aset cadangan yang harganya lebih stabil, seperti dollar AS, Euro, atau emas.

Baca Juga  Bank Mandiri dan IMBA Bangkitkan Sektor Properti

Sederhananya, Stablecoin berusaha memberikan yang terbaik dari kedua dunia: stabilitas mata uang tradisional yang didukung pemerintah, serta privasi dan kenyamanan yang ditawarkan oleh transaksi kripto. Regulator keuangan AS sedari Juli lalu bekerja untuk memahami risiko dan peluang yang ditimbulkan oleh mata uang kripto ke sistem keuangan tradisional AS, dan berencana mengeluarkan sejumlah laporan tentang masalah ini dalam beberapa bulan mendatang.

Sejak Juli lalu, Kelompok Kerja Presiden untuk Pasar Keuangan yang dipimpin oleh Menteri Keuangan AS Janet Yellen menyatakan bahwa pemerintah AS harus bergerak cepat untuk membahas dan menetapkan kerangka peraturan untuk Stablecoin. Dari dua orang sumber yang dikutip dari Reuters mengatakan, dalam pertemuan minggu ini, yang salah satu rapatnya telah diadakan pada Jumat lalu, para pejabat bertanya apakah Stablecoin akan memerlukan pengawasan langsung jika mereka menjadi sangat populer.

Baca Juga  Hati-hati, Jangan Terjebak Saham ‘Gorengan’

Kemudian, mereka juga membahas bagaimana regulator harus berupaya mengurangi risiko terlalu banyak orang yang mencoba menguangkan Stablecoin mereka pada saat yang sama, dan apakah Stablecoin utama harus didukung oleh aset tradisional.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0