in ,

Jokowi Bertemu Presiden Jerman, Bahas Kerja Sama

Pajak.com, Bogor – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar pertemuan bilateral dengan Presiden Republik Federal Jerman Frank-Walter Steinmeier di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat (16/6). Dalam pertemuan itu, kedua pemimpin membahas sejumlah upaya kerja sama bilateral, khususnya dalam hal investasi dan ekonomi.

“Pertemuan bilateral tadi berlangsung sangat bersahabat dan produktif, serta mengenai isu-isu bilateral kita fokus berbicara mengenai kerja sama ekonomi,” kata Jokowi dalam keterangan tertulis yang diterima Pajak.com (17/6).

Ia memerinci fokus pertemuan itu. Pertama, Jokowi menekankan pentingnya kerja sama di Industri 4.0, khususnya percepatan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Telah terdapat MoU (Memorandum of Understanding) antara kementerian perindustrian dengan Deutsche Messe AG dan dengan Infineon AG yang akan ditandatangani hari ini. Indonesia akan menjadi partner country Hannover Messe pada tahun 2023, setelah juga berpartisipasi di pameran industri 4.0 di Hannover Messe tahun 2022 ini,” ungkap Jokowi.

Baca Juga  Pemerintah AS dan Pelaku Uang Kripto Bahas Stablecoin

Kedua, Indonesia dan Jerman juga membahas peningkatan investasi Jerman di industri berteknologi tinggi, antara lain investasi di sektor kendaraan listrik dari hulu sampai hilir. Jokowi mengajak industri Jerman untuk mengembangkan pabrik semikonduktor dan berinvestasi di berbagai kawasan industri hijau di Indonesia. Berdasarkan data dari Kementerian Investasi (Kemenves)/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), total realisasi investasi Jerman ke Indonesia mencapai 1,14 miliar dollar AS pada 2016 sampai 2021. Realisasi investasi ini berasal dari 3.015 proyek dengan serapan tenaga kerja sekitar 35.492 orang.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *