in ,

Pemerintah dan KPK Perkuat Sistem Pencegahan Korupsi

“Penguatan APIP (aparat pengawasan intern pemerintah) untuk pengawasan internal, serta percepatan penerapan SPBE (sistem pemerintahan berbasis elektronik) menjadi capaian yang harus dilakukan,” tegas Moeldoko.

Di kesempatan yang sama, Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan, pencapaian Stranas PK secara nasional telah berada di angka 58,52 persen tahun 2020. Setidaknya ada enam program dalam Stranas PK, yakni utilitasi nomor induk kependudukan; e-katalog dan marketplace untuk pengadaan barang dan jasa; keuangan desa; penerapan manajemen antisuap; online single submission dengan pemanfaatan peta digital dalam pelayanan perizinan berusaha; dan reformasi birokrasi.

“Pencegahan korupsi harus dibangun oleh sistem supaya tidak ada celah, tidak ada peluang untuk orang melakukan korupsi. Karena ada teori yang saya baca, korupsi disebabkan oleh karena sistem juga. Korupsi disebabkan karena gagal, lemah, dan buruknya sistem. Makanya saya setuju pengembangan sistem digital, menghindari kontak langsung dalam rangka transaksi,” jelas Firli.

Baca Juga  Demi Mengurangi Kerugian Tempat Wisata Ditutup

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0