in ,

Cara Mudah Bayar Pajak Tahunan Kendaraan Bermotor

Pajak Tahunan Kendaraan Bermotor
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Seperti diketahui, membayar pajak bagi motor maupun mobil sudah menjadi kewajiban bagi pemilik kendaraan bermotor setiap tahunnya. Hal ini biasanya tercantum dalam Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Sebagai informasi, STNK merupakan salah satu dokumen penting bagi pemilik kendaraan bermotor. Surat tersebut memiliki masa berlaku dalam rentang waktu tertentu dan harus diperpanjang saat habis. Pengendara harus memenuhi semua syarat perpanjangan STNK agar surat ini tetap bisa digunakan.

Pemilik kendaraan bermotor biasanya membayar pajak tahunan dan lima tahun sekali. Apabila pemilik kendaraan terlambat membayar pajak, maka akan dikenakan biaya denda yang akan terakumulasi saat melakukan pembayaran pajak.

Untuk membayar pajak kendaraan bermotor secara tahunan, terdapat beberapa syarat yang perlu diperhatikan. Pertama, menyiapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) pemilik kendaraan bermotor asli dan fotokopi. Kedua, menyiapkan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) asli dan fotokopi. Ketiga, menyiapkan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) asli dan fotokopi. Keempat, fotokopi domisili perusahaan, NPWP perusahaan, Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) perusahaan dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP) jika kendaraan atas nama perusahaan. Kelima, surat kuasa disertai meterai, tanda tangan, dan KTP pemberi kuasa bila diwakilkan.

Baca Juga  IKN Nusantara Dapat Himpun Pajak dan Pungutan Khusus

Pembayaran pajak kendaraan bermotor ini bisa dilakukan di berbagai lokasi. Mulai dari gerai Samsat Keliling, Samsat Corner, dan Induk Samsat. Terkait proses pembayaran pajak STNK tahunan, berikut Pajak.com mencoba membagikan untuk Anda.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0