in ,

Kemenperin Topang Daya Saing Industri Otomotif

Daya Saing Industri Otomotif
FOTO: Dok.Kemenperin.go.id

Kemenperin Topang Daya Saing Industri Otomotif

Pajak.com, Jakarta – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus memacu daya saing industri otomotif di Indonesia. Terlebih, industri otomotif memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi nasional. Melihat hal tersebut, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin Arus Gunawan mengungkapkan, salah satu upaya yang dilakukan Kemenperin adalah melalui penciptaan sumber daya manusia (SDM) yang inovatif dan kompeten.

Menurutnya, kekuatan industri otomotif nasional, khususnya beroda empat atau lebih, saat ini didukung oleh 23 perusahaan dengan total kapasitas mencapai 2,35 juta unit per tahun. Di samping itu, penyerapan tenaga kerja langsung di industri otomotif nasional telah mencapai 38 ribu orang, serta penyerapan lebih dari 1,5 juta tenaga kerja di sepanjang rantai nilai industri tersebut termasuk di sektor industri kecil dan menengah (IKM) bidang komponen.

“Perkembangan industri otomotif nasional tak lepas dari peran SDM-nya. Untuk meningkatkan kualitas calon SDM otomotif, kami menyelenggarakan pendidikan vokasi di Politeknik STMI Jakarta,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, Senin (27/03).

Baca Juga  Definisi dan Ketentuan Hak Angket DPR

Untuk mencapai sasaran tersebut, ia menambahkan bahwa langkah yang sudah direalisasikan Kemenperin adalah melakukan penandatanganan kerja sama antara Politeknik STMI Jakarta dengan Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA). Kolaborasi ini berupa penyelenggaraan pendidikan regular atau non-reguler (setara D1), penempatan mahasiswa praktik kerja industri (prakerin) dan dosen industri, serta pengembangan kurikulum.

Ada pula kerja sama berupa penelitian terapan yang dilakukan oleh dosen dan atau mahasiswa sesuai dengan persoalan yang dihadapi oleh industri saat ini. Selain itu, Kemenperin juga menawarkan penguatan atau peningkatan kinerja sektor industri, terutama dalam mendukung pelaku IKM di bidang otomotif.

“Peran asosiasi dan industri dalam mendukung pendidikan vokasi sangat diperlukan dalam keberhasilan membangun SDM industri yang unggul. Oleh karena itu, BPSDMI sangat menyambut gembira atas penandatangan kerja sama antara YDBA dan Politeknik STMI Jakarta,” tambahnya.

Baca Juga  Bahaya Fenomena Otak Popcorn: Gejala, Dampak, dan Cara Mengobatinya

Ia pun berharap, sinergi ini dapat dikembangkan dengan unit kerja lainnya di lingkungan BPSDMI, seperti Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) atau Balai Diklat Industri (BDI). Apalagi, YDBA memiliki sekitar 12 ribu industri dan UMKM binaan yang sebagian bergerak pada sektor otomotif.

Arus mengatakan, sebagai langkah awal, kegiatan kerja sama ini dimulai dengan bentuk program pengabdian masyarakat pada lingkungan industri kecil di Tegal. Beberapa dosen Politeknik STMI Jakarta ditugaskan melakukan observasi permasalahan yang dihadapi oleh UMKM terkait dengan peningkatan daya saing UMKM otomotif. Kegiatan ini akan melibatkan lima program studi, yaitu Teknik Industri Otomotif, Teknik Kimia Polimer, Sistem Informasi Industri Otomotif, Teknologi Rekayasa Otomotif dan Administrasi Bisnis Otomotif.

Sementara itu, Ketua Pengurus YDBA Sigit P Kumala menyampaikan, kolaborasi ini dapat meningkatkan kompetensi UMKM dan mendukung kemandirian UMKM. Disamping itu, pihaknya juga juga berharap kolaborasi ini dapat menjadi pilot project pembinaan UMKM yang melibatkan perguruan tinggi.

Baca Juga  Ini Pembahasan Pertemuan Sri Mulyani dan AHY

“Sehingga, ke depan akan semakin banyak lagi perguruan tinggi di Indonesia yang dapat mendukung peningkatan kompetensi UMKM dan mengantarkan UMKM Indonesia menuju kemandiriannya,” ujarnya.

Sebagai informasi, hingga Desember 2022, YDBA telah memberikan pembinaan kepada 12.313 UMKM di bidang manufaktur, bengkel, kerajinan dan kuliner, serta pertanian. YDBA secara tidak langsung juga telah menciptakan 72.465 lapangan pekerjaan melalui UMKM yang difasilitasi.

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *