in ,

Tip Keuangan Tetap Sehat Setelah Mudik Lebaran

2. THR untuk biaya mudik

Pakar-pakar keuangan mengatakan kalau Anda bisa hanya menggunakan uang tunjangan hari raya (THR) untuk membiayai semua kebutuhan mudik, maka keseimbangan keuangan sudah bisa dipastikan terjaga. Anda bisa lebih aman melakukan pengeluaran-pengeluaran bulanan rutin seperti biasa—bahkan menabung seperti biasa.

Namun, jika memang hal itu sudah tidak dimungkinkan, perencana keuangan juga menyebut hal itu bisa dimaklumkan, karena masyarakat cenderung sulit mengerem pengeluaran di hari-hari raya. Terpenting, Anda mesti sisihkan untuk life span hingga gajian selanjutnya datang. Simpan dengan benar anggaran ini, dan berdisiplin untuk tidak memakainya.

3. Persiapkan uang tunai dalam jumlah cukup

Selain bisa lebih memudahkan dalam mengelola keuangan ketika mudik Lebaran, membawa uang tunai dalam jumlah cukup bisa lebih mengerem pengeluaran jika uang yang Anda bawa di dompet tidak terlalu besar. Meskipun tidak membawa uang dalam jumlah besar, pastikanlah Anda telah membawa kartu debit dan/atau kartu kredit untuk keperluan tidak terduga.

Baca Juga  Hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Investasi Tanah

Saran lainnya, Anda juga bisa pisahkan uang tunai di banyak tempat untuk menghindari risiko kecurian atau kehilangan secara sekaligus. Ada baiknya, Anda tidak memasukkan seluruh uang tunai ke dalam satu tempat seperti dompet atau tas tangan. Pisahkan uang tunai yang akan dipakai dalam perjalanan dengan yang akan dipakai di tempat tujuan. Misalnya, memisahkan uang tunai untuk masing-masing pos anggaran ke dalam amplop uang.

Ditulis oleh

Baca Juga  Jokowi Tinjau Smelter Grade Alumina Refinery untuk Hilirisasi Bauksit

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *