in ,

Tip Keuangan Tetap Sehat Setelah Mudik Lebaran

Tip Keuangan Tetap Sehat
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Tak terasa, Hari Raya Idulfitri alias Lebaran tinggal sepekan lagi. Selain sebagai wujud hari kemenangan bagi umat Islam setelah sebulan berpuasa, Lebaran merupakan momen yang paling ditunggu karena dapat berkumpul bersama sanak keluarga dan orang-orang terkasih. Saat spesial itu juga yang memunculkan tradisi pulang kampung atau mudik, yang biasanya dilakukan oleh para perantau atau pekerja migran yang masih memiliki orangtua maupun keluarga di kampung.

Di sisi lain, aktivitas pulang kampung seringkali membuat masyarakat melakukan pengeluaran secara jorjoran atau tidak terkendali. Jika sudah begitu dan tidak dikelola dengan baik sejak awal, maka kesehatan keuangan Anda bisa terganggu—padahal masih ada pengeluaran lain yang mesti kita tunaikan selama satu bulan ke depan.

Baca Juga  Tips Keuangan Jika Terjadi Inflasi Tinggi

Apalagi bagi masyarakat yang masih memiliki bujet terbatas, pengeluaran yang melebihi penghasilan bisa menyebabkan terbelit utang. Nah, jika Anda termasuk yang rutin melakukan tradisi mudik, Pajak.com telah siapkan beberapa tip yang barangkali bisa Anda terapkan agar keuangan Anda tetap sehat setelah kembali dari kampung halaman.

1. Atur pos pengeluaran

Sebelum berangkat, pastikan Anda sudah membuat catatan pos-pos pengeluaran sebelum dan selama mudik lalu menyisihkannya sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Pastinya, akan ada banyak sekali kebutuhan yang akan mengeluarkan banyak uang Anda. Beberapa pos pengeluaran penting yang bisa disisihkan, meliputi:

– Pos transportasi

Anda harus menyisihkan dana untuk mudik sekaligus untuk kembali ke rumah apapun jenis transportasinya. Ingat, menggunakan transportasi umum belum tentu lebih hemat dibandingkan dengan memakai kendaraan pribadi, begitu juga sebaliknya. Untuk kendaraan pribadi, anggaran biaya transportasi yang biasanya harus dipersiapkan seperti kebutuhan bahan bakar, bayar tol, hingga biaya untuk makan ketika harus beristirahat di perjalanan.

Baca Juga  Investasi Pabrik Metanol Akan Serap 5 Miliar Dollar AS

– Pos akomodasi

Biaya akomodasi juga penting direncanakan ketika harus menginap di hotel lantaran terbatasnya tempat tinggal saudara atau keluarga di kampung.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0