in ,

Menhub: Cegah Macet, Disarankan Mudik Dimulai 25 April

Disarankan Mudik 25 April
FOTO: Humas Kemenhub

Pajak.com, Jawa Barat – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan untuk cegah macet, menyarankan masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik menjelang Idulfitri lebih awal, yaitu mulai tanggal 25 April 2022. Hal ini guna menghindari risiko kemacetan lalu lintas, mengingat pemudik diprediksi mencapai 85,5 juta orang.

“Memang kita menyarankan bahwa saudara-saudara kita kalau bisa mudiknya lebih awal. Mulai tanggal 25 atau 26 April,” kata Budi Karya usai memimpin Rapat Koordinasi Simulasi Pergerakan dan Antisipasi Puncak Arus Lalu Lintas di Jalan Tol Pada Masa Mudik Lebaran Tahun 2022, di Gerbang Tol Cikampek Utama, Jawa Barat, yang juga disiarkan secara virtual, (15/4).

Ia mengingatkan, pemerintah telah memperbolehkan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan karyawan swasta untuk mengambil cuti tahunan sebelum atau sesudah periode libur dan cuti bersama Lebaran 2022. Adapun cuti bersama Lebaran yang telah ditetapkan pemerintah, yaitu 29 April—6 Mei 2022.

Baca Juga  Indonesia Sukses Capai 1,8 Juta Kunjungan Wisman

“Kita tahu saudara-saudara kita sudah dua tahun tidak mudik, dan mereka sangat merindukan itu. Maka dari itu kita berikan pelayanan,” tambah Budi Karya.

Secara simultan, ia memastikan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama pemangku kepentingan, diantaranya Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri dan Jasa Marga terus meningkatkan koordinasi serta melakukan simulasi penanganan lalu lintas, khususnya di jalan tol. Rekayasa lalu lintas yang juga disiapkan, yakni contra flow, one way, hingga ganjil genap.

“Kita mencarikan jalan yang paling baik agar mudiknya aman, nyaman, dan sehat itu berjalan dengan baik,” ujar Budi Karya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Firman Santyabudi menyatakan, kesiapan untuk berkoordinasi dan terus memonitor kondisi lalu lintas jelang masa mudik Lebaran 2022.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings