in ,

“Tips” Liburan Asyik tetapi Tetap Hemat

“Tips” Liburan Asyik
FOTO: IST

“Tips” Liburan Asyik tetapi Tetap Hemat

Pajak.com, Jakarta – Kurang dari dua bulan lagi, musim libur Lebaran akan tiba. Ini adalah kesempatan emas bagi para pekerja urban yang sering berhadapan dengan polusi dan macetnya perkotaan untuk pergi liburan.  Liburan memang bisa membantu kita melepaskan rasa penat dan membangkitkan kembali semangat bekerja. Namun, liburan juga perlu perhitungan agar keuangan tetap aman. Berikut ini tips liburan asyik tetapi tetap hemat.

 1. Persiapkan dana “travelling” 

Agar tidak mengganggu cash flow, persiapkan dana untuk travelling jauh-jauh hari sebelum waktu rencana keberangkatan Anda. Usahakan tidak mengeluarkan uang lebih dari anggaran yang telah dipersiapkan sejak awal, sehingga tidak mengganggu anggaran lainnya. Anda boleh menabung tiga atau bahkan enam bulan sebelumnya. Jangan liburan mendadak dengan memanfaatkan pendapatan Anda sebulan karena hanya akan membuat tekor.

2. Hindari liburan musim liburan 

Saat musim liburan atau high season, tentu harga barang dan jasa biasanya cenderung naik, termasuk sektor wisata. Oleh karena itu, selain dapat menikmati tempat liburan dengan lebih nyaman karena lokasi cenderung lebih sepi pengunjung, ada baiknya Anda justru pergi liburan saat low season. Dengan demikian harga yang ditawarkan akan lebih murah.

Baca Juga  Jokowi Terbitkan Perpres Publisher Rights untuk Wujudkan Jurnalisme Berkualitas

3. Pesan transportasi dan penginapan lebih awal 

Hindarilah memesan tiket transportasi dan penginapan dalam waktu dekat. Pesanlah sejak awal agar harganya lebih terjangkau. Selain memesan lebih awal, Anda juga bisa mengunjungi pameran liburan atau travel fair untuk mendapatkan penawaran harga yang lebih murah serta promo potongan harga yang menarik. Anda juga bisa memilih paket liburan menarik yang ditawarkan oleh beberapa agen travel. Biasanya promo ini sudah termasuk tiket pesawat, penginapan dan konsumsi.

4. Siapkan kebutuhan pokok 

Sebelum berangkat, siapkanlah obat-obatan, peralatan mandi, makanan ringan, dan kebutuhan yang sekiranya akan diperlukan selama berwisata. Barang-barang tersebut biasanya dijual dengan harga yang lebih mahal di sekitar tempat wisata, mengingat hampir setiap orang pasti membutuhkannya.

Baca Juga  3 Perusahaan Ini Permudah UMKM Buat Pelaporan ESG

6. Tentukan destinasi sebelum berangkat

Pilihlah dan tuliskan daftar tempat yang ingin Anda kunjungi jauh-jauh hari. Lakukan survei tempat menarik melalui beberapa review yang ada di beberapa situs internet atau aplikasi pada telepon pintar yang tersedia. Usahakan tidak memilih tujuan secara mendadak saat hari H, karena hal tersebut akan membuang sia-sia lebih banyak waktu liburan Anda. Hindari pula memilih terlalu banyak tujuan, karena selain menghabiskan banyak energi, mengunjungi terlalu banyak tempat juga memakan lebih banyak biaya.

7. Gunakan uang dengan bijak 

Ingat, tujuan Anda adalah refreshing dari rutinitas setiap hari. Jadi, lebih baik tidak belanja berlebihan. Biasanya orang gampang tergiur saat mengunjungi pusat perbelanjaan, terutama jika sedang ada promo besar. Usahakan lebih menahan diri dan bertanggung jawab atas barang yang telah Anda beli. Jika perlu, batasi anggaran berbelanja selama liburan menjelang keberangkatan, serta mencatat dengan rinci setiap pengeluaran Anda sekecil apa pun nilainya.

Baca Juga  PWI dan KLHK Serukan Urgensi Penerapan Prinsip ESG

8. Siapkan asuransi perjalanan 

Banyak traveller yang masih mengabaikan pentingnya asuransi perjalanan. Meskipun harus membayar uang ekstra, asuransi perjalanan sangat penting dimiliki untuk memberikan kamu perlindungan selama berwisata. Banyak sekali manfaat yang didapat ketika kita memiliki asuransi perjalanan. Tidak hanya menanggung kecelakaan atau meninggal, tetapi hal-hal lain seperti bagasi atau barang hilang.

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *