in ,

IMF Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi RI

IMF Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi RI
FOTO : IST

Pajak.com, Jakarta – Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF) kembali memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2021. Berdasarkan laporan World Economic Outlook (WEO) edisi Juli 2021, IMF memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun ini sebesar 3,9 persen year on year (YoY), lebih rendah dari proyeksi sebelumnya sebesar 4,3 persen YoY. Sedangkan, proyeksi sebelumnya pada bulan Januari lalu 4,8 persen dan pada Oktober tahun lalu bahkan ekonomi RI 2021 diproyeksi 6,1 persen.

Sementara itu, IMF memproyeksikan pertumbuhan ekonomi global mencapai 6,0 persen pada 2021, tidak berubah dibandingkan WEO April 2021. Sejalan dengan hal tersebut, volume perdagangan global diprediksi tumbuh 9,7 persen di 2021.

Baca Juga  Pemerintah Luncurkan "Pooling Fund Bencana"

Kepala Ekonom IMF Gita Gopinath mengungkapkan, penurunan proyeksi pertumbuhan ini seiring dengan gelombang infeksi Covid-19 yang meningkat sehingga ada pembatasan aktivitas. Terlebih dengan adanya varian delta yang membuat risiko ekonomi semakin meningkat.

“Kita tahu, Varian Delta adalah varian dominan saat ini, di seluruh dunia, dan itu telah memengaruhi proyeksi kami yang alami penurunan untuk negara berkembang Asia seperti India, terjadi karena varian Delta dan meningkatnya jumlah kasus yang kami lihat di banyak bagian dunia, termasuk di Indonesia dan Malaysia,” ungkapnya dalam laporan IMF, Rabu (28/07).

Ia menambahkan, pengendalian pandemi ini harus menjadi fokus utama seluruh negara karena kunci utama dari ekonomi saat ini adalah pengendalian Covid-19. Ia juga menyebut pemulihan dapat terjadi seiring meluasnya vaksinasi yang mulai bekerja di berbagai negara.

Baca Juga  Bizhare Gandeng Ok Oce Solusi Pendanaan UMKM

Menanggapi pemangkasan proyeksi ekonomi Indonesia oleh IMF, Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Febrio Nathan Kacaribu mengatakan bahwa hal tersebut masih dalam rentang proyeksi yang telah diumumkan oleh pemerintah.

“Proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia dari IMF untuk tahun 2021 yakni 3,9 persen masih dalam rentang proyeksi Pemerintah pada 3,7-4,5 persen,” ungkapnya dalam keterangan tertulis.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings