in ,

IMF Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi RI

Di sisi lain, dia menekankan, dalam proyeksi tersebut juga disebutkan bahwa pemulihan ekonomi global terjadi secara tidak merata, disebabkan oleh perbedaan situasi pandemi Covid-19, kecepatan vaksinasi, dan dukungan stimulus ekonomi. Apalagi dengan kehadiran varian Delta yang sangat menular menurutnya juga terus membayangi upaya pengendalian pandemi dan pemulihan ekonomi di banyak negara.

“Dan bahkan menjadi varian yang mendominasi di berbagai negara, seperti Indonesia, Inggris, Rusia, Malaysia, Thailand, dan Afrika Selatan. Oleh karena itu, banyak negara kembali melakukan pengetatan aktivitas,” imbuhnya.

Melihat hal tersebut, ia menjelaskan bahwa Indonesia akan berupaya keras dalam mempertahankan prospek perekonomian domestik sekaligus mengendalikan pandemi. Untuk itu, strategi Indonesia ke depan akan terus fokus dalam menurunkan angka kasus harian Covid-19, melindungi kesejahteraan masyarakat dan mendorong pemulihan ekonomi nasional, serta terus meningkatkan daya saing.

Baca Juga  Presiden Jokowi Serukan Aksi Komprehensif dalam Memerangi TPPU

Tidak hanya itu saja, Indonesia juga terus fokus pada kebijakan prioritas di bidang kesehatan, seperti percepatan vaksinasi, memperkuat 3 T, serta mendorong disiplin penerapan protokol kesehatan.

“Sementara itu, untuk membantu masyarakat terdampak di tengah penerapan kebijakan PPKM, APBN hadir memberi perluasan perlindungan sosial dan dukungan bagi UMKM, yang diiringi upaya percepatan penyalurannya,” pungkasnya.

Seiring dengan hal itu, Indonesia juga akan menangkap peluang baik dari prospek perekonomian global yang masih kondusif dengan cara menangkap peluang ekspor. Permintaan produk ekspor Indonesia diperkirakan masih baik seiring solidnya outlook pertumbuhan global. Hal ini bisa menjadi sentimen baik bagi prospek kinerja manufaktur pun untuk perhitungan pertumbuhan ekonomi ke depan.

Baca Juga  Airlangga Ungkap Dampak Eskalasi Konflik Iran - Israel bagi Perekonomian Nasional

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *