in ,

Chatib Basri: Dua Kunci Pertumbuhan Ekonomi 5,2 Persen

Chatib Basri: Dua Kunci Pertumbuhan Ekonomi 5,2 Persen
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Menteri Keuangan periode 2013-2014 dan Co-Founder CReco Research Chatib Basri menilai, ada dua kunci utama yang akan membuat Indonesia bisa mencapai pertumbuhan ekonomi sebesar 5,2 persen target yang dipatok pemerintah dalam rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara (RAPBN) 2022. Dua kunci utama itu adalah akselerasi vaksinasi Covid-19 dan penambahan anggaran bantuan sosial (bansos) yang tepat sasaran.

“Pemulihan ekonomi akan sangat tergantung bagaimana kemampuan pemerintah dalam mengatasi pandemi. Jika kita mampu mengatasi pandemi di mana vaksinnya bisa dipercepat sampai dengan kuartal satu di 2022 maka saya kira target pertumbuhan ekonomi sebesar 5,2 persen itu bukan sesuatu yang berlebihan,” kata pria yang biasa disapa Dede ini  dalam webinar Bincang APBN 2022 yang digelar Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu), pada (18/10).

Baca Juga  Inovasi NalaGenetics, Bangun Sistem Deteksi COVID-19

Ia menjelaskan, belajar dari pengalaman pada 2020, ketika pemerintah membuka kembali kegiatan ekonomi pada bulan Juni, aktivitas ekonomi memang berangsur naik. Akan tetapi, pada Oktober 2020 masyarakat mulai ramai melakukan liburan dan mengakibatkan jumlah kasus terpapar Covid-19 naik. Kenaikan kasus membuat pemerintah kembali melakukan pengetatan dan membatasi mobilitas kegiatan masyarakat yang berakibat pada pertumbuhan ekonomi kembali melambat.

“Jadi selama herd immunity belum tercapai, selama vaksin belum bisa mencapai 70 persen, maka akan ada risiko pemulihan ekonominya itu bentuknya seperti ‘W’ atau naik, turun, naik lagi, turun lagi,” kata Dede.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

194 Points
Upvote Downvote

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *