in ,

Meski Pertumbuhan Minus 0,74% Ada Tren Pemulihan

Badan Kebijakan Fiskal:Meski Pertumbuhan Minus 0,74%, Ada Tren Pemulihan
FOTO : IST

Pajak.com, Jakarta – Badan Pusat Statistik (BPS) merilis pertumbuhan ekonomi pada kuartal I-2021 sebesar minus 0,74 persen. Badan Kebijakan Fiskal (BKF) menilai, meski masih berada dalam zona negatif, kinerja pertumbuhan ekonomi domestik konsisten mengalami peningkatan.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Febrio Kacaribu menjelaskan, kinerja ekonomi kuartal I-2021 mengindikasikan adanya tren pemulihan ekonomi yang solid. Hal ini dapat dibandingkan dari tren pertumbuhan dari kuartal III-2020, yakni minus 3,49 persen. Pertumbuhan ekonomi kuartal I-2021 dipengaruhi oleh konsumsi rumah tangga yang kontraksi terdalam minus 1,22 persen dan pembentukan modal tetap bruto (PMTB) minus 0,07 persen. Akan tetapi, ekspor barang dan jasa tumbuh 1,36 persen.

Baca Juga  Serapan BLT 22,15 Persen, Kemenkeu Ingatkan Pemda

“Bahkan, ini menunjukkan adanya optimisme ekonomi pascapandemi. Angka penambahan kasus positif harus dijaga terus turun dan pelaksanaan program PEN diperkuat untuk mendukung dunia usaha dalam ciptakan lapangan kerja,” ujar Febrio dalam keterangan tertulis yang diterima Pajak.com

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0