in ,

UMKM Merupakan Pilar Penting Dalam Perekonomian

UMKM Merupakan Pilar Penting Dalam Perekonomian
FOTO : IST

Pajak.com, Jakarta – Target rasio kewirausahaan nasional dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) mencapai 3,9 persen dan pertumbuhan wirausaha baru sebesar 4 persen pada tahun 2024. Dalam acara Leader, Executive, & Enterpreneur Program Industry & Business Institute of Management (IBIMA) secara virtual, Rabu (05/05), Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan bahwa tahun 2021 akan menjadi tahun yang penuh peluang, khususnya bagi pemulihan ekonomi Indonesia dan global.

“Saya mengapresiasi IBIMA yang telah melaksanakan kegiatan ini karena turut mendukung program Pemerintah dalam memfasilitasi tumbuh dan berkembangnya kewirausahaan di tanah air,” ungkap Airlangga Hartarto dalam keterangan tertulis.

Ia menambahkan, seiring dengan adanya penurunan kasus positif Covid-19 serta pelaksanaan vaksinasi, kinerja sektor ritel saat ini sudah menunjukkan peningkatan penjualan ritel pada periode Q1-2021. “Beberapa sub kelompok belanja yang mengalami peningkatan pada periode kuartal I 2021 antara lain supermarkets, restaurant, medical, household, dan fashion,” tambah Airlangga Hartarto.

Baca Juga  Lantik Pejabat Kemenkeu, Sri Mulyani Pesan untuk Jaga Integritas

Selain itu, berdasarkan rilis data Purchasing Managers’ Index (PMI) manufaktur Indonesia juga menunjukkan hal yang menggembirakan, dimana sektor tersebut mengalami percepatan pertumbuhan pada Bulan April 2021 dengan mencatatkan rekor tertinggi di posisi 54,6 yang berarti naik dari posisi 53,2 pada bulan sebelumnya.

“Diharapkan dengan adanya perbaikan demand, baik pada industri dan pada beberapa sub kelompok belanja ritel tersebut dapat meningkatkan semangat para pelaku industri dan UMKM untuk kembali produktif,” jelas Airlangga Hartarto.

Ditulis oleh

Baca Juga  Pos Indonesia Raih “Appreciated Social ESG Report”

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *