in ,

Jokowi: Investasi Adalah Jangkar Pemulihan Ekonomi

Jokowi: Investasi Adalah Jangkar Pemulihan Ekonomi
FOTO: IST

Pajak.comJakarta – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menekankan pentingnya realisasi investasi sebagai jangkar pemulihan ekonomi. Apalagi, Ketidakpastian global yang selama ini terjadi memiliki dampak besar bagi perekonomian negara.

“Investasi menjadi jangkar pemulihan ekonomi karena kita kalau terlalu berfokus pada APBN, defisit kita ini, meskipun saya tahu Bu Menkeu ini sangat prudent, sangat hati-hati dalam mengelola APBN kita. Oleh sebab itu, yang di luar APBN ini harus digerakkan, kembali lagi, investasi,” kata Jokowi saat memberikan pengarahan sekaligus membuka Rapat Koordinasi Nasional dan Anugerah Layanan Investasi Tahun 2021, di Ballroom Hotel Ritz-Carlton, Jakarta Selatan, Rabu (24/11).

Di kesempatan itu, ia meminta seluruh jajarannya untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh investor tanpa terkecuali—baik untuk investor kecil, sedang, maupun besar. Pasalnya, kemudahan perizinan merupakan salah satu bentuk pelayanan pemerintah terhadap investor.

Baca Juga  Amartha dan CELIOS Luncurkan Fintech Media Toolkit

“Dilayani saja belum tentu investor datang mau berinvestasi, apalagi tidak dilayani dengan baik. Oleh sebab itu, pola-pola lama, hal-hal yang jadul semua harus mulai kita tinggalkan. Berikan pelayanan yang terbaik baik itu investor kecil, yang namanya usaha kecil itu juga investor, jangan keliru,” tegasnya.

Salah satu contoh bentuk pelayanan bagi usaha kecil yakni pemberian dan pengantaran izin berusaha secara gratis.

“Gubernur, Bupati beri target tahun ini misalnya pemberian izin gratis sekian untuk (pengusaha) yang kecil, kecil itu. Kalau mereka pegang izinnya akan mudah mengakses ke lembaga-lembaga keuangan, karena perizinan itu menjadi syarat. Jadi, usaha kecil juga investor, jangan punya bayangan investor itu harus asing dan besar,” ucapnya.

Baca Juga  Tunjukkan Kompetensimu, Berikut “Tips” Tingkatkan Rasa Percaya Diri di Kantor

Ia menilai, kehadiran para investor sangat berdampak pada pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Kalau investornya dari luar berarti membawa uang ke sini, artinya peredaran uang akan makin besar dan itu akan menimbulkan efek nanti ke daya beli masyarakat juga akan naik, konsumsi masyarakat akan naik, pertumbuhan ekonomi juga akan naik,” imbuhnya.

Ditulis oleh

Baca Juga  Sri Mulyani Beberkan Langkah Pengembangan Ekonomi Hijau dan Biru

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *