in ,

Menkominfo: IDTH Depok untuk Kemajuan Digital Indonesia dan Asia Tenggara

Depok untuk Kemajuan Digital
FOTO: IST

Menkominfo: IDTH Depok untuk Kemajuan Digital Indonesia dan Asia Tenggara

Pajak.com, Depok – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menghadiri peresmian Indonesia Digital Test House (IDTH), di Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT). Budi menegaskan bahwa transformasi BBPPT Depok untuk kemajuan digital Indonesia, bahkan Asia Tenggara.

“IDTH merupakan transformasi dari BBPPT Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Kominfo. IDTH kini menjadi pusat pengujian perangkat digital terlengkap dan terbesar se-Asia Tenggara yang berstandar internasional,” ungkap Budi dalam keterangan tertulis yang diterima Pajak.com, (7/5).

Dalam laporannya, Budi menyebutkan bahwa IDTH telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas canggih berkelas internasional untuk menguji fitur-fitur perangkat digital, seperti fitur telekomunikasi radio frekuensi, elektromagnetik compatibility, electrical safety, dan specific absorption rate (SAR). Perangkat yang diuji, di antaranya laptop, ponsel, bluetooth, access point, televisi digital, dan juga radar.

Baca Juga  38 Negara Dukung Indonesia Jadi Anggota OECD, Jokowi Ungkap Manfaatnya

“Fasilitas pengujian ini bertujuan untuk memastikan keamanan dan keselamatan pengguna perangkat telekomunikasi yang di seluruh Indonesia, melakukan standardisasi produk ekspor maupun impor perangkat, serta menjamin interoperabilitas dan perlindungan interferensi antar-perangkat,” ujar Budi.

Ia menambahkan bahwa peresmian ini menandai penambahan kapasitas yang signifikan di IDTH. Pada tahun 2023, terdapat 644 fitur yang diuji seiring dengan pertambahan perlengkapan dan pengembangan teknologi dan kapasitas pengujian di tahun 2024 diproyeksikan akan meningkat menjadi sekitar 1.600 fitur. Sedangkan di tahun 2025-2026, IDTH diperkirakan mampu melayani pengujian hingga 5.000 fitur per tahun.

“Kami juga melakukan pengembangan fungsi IDTH di mana fasilitas ini tidak hanya berperan sebagai pusat pengujian, tapi juga sebagai center of excellence perangkat digital di mana kerja sama dengan berbagai kampus bisa meningkatkan pengembangan sumber daya manusia Indonesia dalam menghadapi kemajuan teknologi digital,” imbuh Budi.

Baca Juga  Jokowi: Pertumbuhan Ekonomi Nasional 5,11 Persen, Optimisme di Tengah Isu Resesi Global

Ia juga berharap praktisi, pakar, dan penelitian dapat berkolaborasi untuk melahirkan berbagai inovasi teknologi. Pemerintah memastikan telah memfasilitasi pelaku industri lokal dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar dapat melakukan pengujian perangkat dan pengembangan inovasi dengan memanfaatkan berbagai peralatan yang ada di IDTH tanpa dipungut biaya.

“Kami tentu berharap inisiatif-inisiatif konkret dalam rangka percepatan transformasi digital seperti ini mampu memperkokoh daya saing Indonesia di kancah global demi mewujudkan visi Indonesia Emas 2045,” pungkasnya.

Ditulis oleh

Baca Juga  Kewajiban Sertifikasi Halal untuk UMKM Diundur 2026

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *