in ,

Dubai Islamic Bank dan BSI Rintis Sinergi

Dubai Islamic Bank dan BSI Rintis Sinergi
FOTO: HUMAS BSI

Pajak.com, Jakarta – PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan Dubai Islamic Bank menjajaki sejumlah kerja sama. Mulai dari kerja sama sukuk global, peningkatan kapasitas sumber daya manusia, dan struktur pembiayaan maupun pengembangan produk bank syariah.

Group Chief Executive Officer Dubai Islamic Bank Adnan Chilwan mengatakan, kehadiran BSI sangat penting untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan syariah di Indonesia. Oleh karena itu, pihaknya menawarkan beberapa kerja sama untuk menciptakan lebih banyak manfaat bagi umat.

“Kami sangat senang dengan kunjungan ini dan siap bersinergi serta menawarkan beberapa hal kerja sama lainnya. Dubai Islamic Bank adalah partner bagi Bank Syariah Indonesia,” ujar Adnan Chilwan, di sela-sela penyelenggaraan Indonesia Emirates Amazing Week 2021, (3/3).

Baca Juga  BSI Dukung Permodalan UMKM Lewat Koperasi Syariah

Direktur Utama BSI Hery Gunardi menyambut baik tawaran itu. Menurutnya, pengembangan bisnis perbankan dan keuangan syariah di Indonesia masih sangat besar. Akan tetapi, belum tergarap dengan optimal.

“Kami sangat menghargai tawaran kerjasama dari Dubai Islamic Bank, termasuk kami perlu belajar dalam mengembangkan pembiayaan untuk pengembangan produk. Ini merupakan peluang besar bagi kami untuk memulai perjalanan mewujudkan visi dan misi—membawa Bank Syariah Indonesia sebagai salah satu bank syariah terbesar di dunia yang berdampak positif bagi kemaslahatan umat,” kata Hery.

Pada kesempatan yang sama, Duta Besar RI untuk Abu Dhabi Husin Bagis mengatakan, komitmen BSI dengan Dubai Islamic Bank Group menunjukkan eratnya hubungan bilateral antara Indonesia dan Uni Emirat Arab (UEA). Hubungan baik ini membawa banyak dampak positif bagi kedua negara, antara lain seperti semakin terbukanya peluang kerja sama dan peningkatan investasi dari dan ke Indonesia serta UEA.

Baca Juga  Penyaluran Ziswaf Semakin Mudah Lewat JadiBerkah.ID

“Dubai Islamic Bank merupakan bank syariah ternama di UEA dan kawasan Timur Tengah, yang selama ini sangat aktif membantu Pemerintah Indonesia menerbitkan sukuk global. Kunjungan CEO Group Dubai Islamic Bank ke kantor pusat Bank Syariah Indonesia menunjukkan adanya peluang jalinan kerja sama bisnis antara kedua bank ini diwujudkan di masa depan,” tutur Husin.

Dalam jangka pendek, BSI berencana mendirikan kantor atau unit kerja di kawasan Timur Tengah untuk membantu penyerapan dan penyaluran sukuk global pemerintah Indonesia.

“Jika terealisasi, rencana ini akan membuat semakin banyak investor luar negeri yang tertarik berinvestasi sesuai syariat Islam untuk mendanai proyek-proyek pembangunan di Indonesia,” harap Husin.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *