in ,

Lima Hal Bidang Kesehatan yang Ingin Dicapai Indonesia

Lima Hal Bidang Kesehatan
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, Indonesia ingin mencapai lima hal dalam bidang kesehatan saat memegang Presidensi G20. Hal itu ia sampaikan usai mendampingi Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kehormatan Dirjen World Health Organization (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus, di Istana Merdeka, Jakarta.

Pertama, yang ingin dicapai Indonesia dalam G20 adalah terbentuknya financial intermediary fund, yaitu dana cadangan untuk mengatasi pandemi COVID-19. Saat ini dana cadangan itu telah berhasil dibentuk Menkes bersama dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

“Alhamdulillah, dengan bantuan Bu Retno, Bu Sri Mulyani, sama-sama kita bertiga sudah berhasil membentuk fund ini dan sudah lebih dari 1 miliar dollar AS yang di-commit oleh beberapa negara dan institusi,” ungkap Budi Gunadi, dituangkan juga dalam keterangan tertulis yang diterima Pajak.com, (22/6).

Baca Juga  Astra Investasi di Dua Perusahaan Rintisan Digital

Kedua, manajemen penggunaan financial intermediary fund yang tepat. Menurutnya, Indonesia dan WHO telah berdiskusi terkait penggunaan dana itu agar dapat dimanfaatkan secara adil dan cepat. WHO akan mengambil posisi utama untuk dapat menentukan negara yang perlu mendapatkan prioritas jika terjadi pandemi.

“Pentingnya juga kerja sama antara pemerintah dan swasta karena hampir semua produsen dari vaksin, obat-obatan, dan juga alat kesehatan adalah pihak swasta,” tambah Budi Gunadi.

Ketiga, integrasi lab genome sequence di seluruh dunia untuk mengidentifikasi adanya virus maupun bakteri baru. Keempat, Indonesia ingin mengharmonisasikan standar perjalanan, baik berupa sertifikat vaksin maupun sertifikat pengetesan, sehingga tidak mengganggu pergerakan orang maupun barang.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0