in ,

Terapkan ESG di Seluruh Lini Bisnis, PHE Raih PROPER Emas dan Hijau dari KLHK

PHE Raih PROPER Emas dan Hijau
FOTO: PHE

Terapkan ESG di Seluruh Lini Bisnis, PHE Raih PROPER Emas dan Hijau dari KLHK

Pajak.com, Jakarta – PT Pertamina Hulu Energi (PHE) raih 12 PROPER Emas dan 19 PROPER Hijau dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Direktur Pengembangan dan Produksi PHE Awang Lazuardi menuturkan, keberhasilan perolehan penghargaan PROPER merupakan wujud nyata keseriusan perusahaan dalam menerapkan aspek Environmental, Social, Governance (ESG) seluruh lini bisnis.

Sebagai informasi, PROPER merupakan penghargaan tertinggi kepada perusahaan terhadap kinerja pengelolaan lingkungan hidup dan pemberdayaan masyarakat dari KLHK. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin didampingi Wakil Menteri KLHK Alue Dohong.

“Dengan meraih predikat PROPER Emas, semakin mempertegas komitmen Subholding Upstream Pertamina sebagai perusahaan yang selalu bertanggung jawab mengelola dampak lingkungan dan memandirikan masyarakat sekitar wilayah operasi melalui program pemberdayaan. Saat ini PHE berhasil meraih rating ESG 21,5 atau medium risk setelah melalui proses asesmen dari lembaga rating internasional (Sustainalytics),” jelas Awang dalam keterangan tertulis yang diterima Pajak.com, (22/12).

Ia memberi contoh, dalam mendukung aspek governance, PHE juga senantiasa berkomitmen Zero Tolerance on Bribery dengan memastikan pencegahan atas fraud dilakukan dan memastikan perusahaan bersih dari penyuapan. Salah satunya, dengan implementasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) yang telah terstandard ISO 37001:2016.

Baca Juga  Implikasi Inisiatif ESG dalam Prinsip Kewajaran dan Kelaziman Usaha

Awang memastikan, program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PHE juga telah berlandaskan ESG dan mendukung Sustainable Development Goals (SDG’s). Program itu dilaksanakan dengan tujuan spesifik, yaitu pengembangan komunitas di lokasi masing-masing entitas PHE.

“PHE juga berinvestasi dalam pengelolaan operasi dan bisnis hulu migas sesuai prinsip ESG. Apalagi PHE telah terdaftar dalam United Nations Global Compact (UNGC) sebagai member sejak Juni tahun 2022. Artinya, PHE berkomitmen pada 10 prinsip universal atau ten principles dari UNGC dalam strategi dan operasionalnya, sebagai bagian penerapan aspek ESG,” ungkapnya.

Awang menyebutkan, PHE berhasil meraih peringkat ke-7 dari 313 produsen minyak dan gas secara global. Sementara terkait penghargaan PROPER Emas yang diraih entitas PHE diterima oleh PT Badak NGL, PHE Jambi Merang, Pertamina EP Rantau Field, Pertamina EP Pendopo Field, Pertamina EP Limau Field, Pertamina Hulu Kalimantan Timur – Daerah Operasi Bagian Utara (PHKT DOBU), Pertamina Hulu Kalimantan Timur – Daerah Operasi Bagian Selatan (PHKT DOBS), Pertamina EP Sangasanga Field, Pertamina EP Sukowati Field, Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE WMO), Pertamina EP Donggi Matindok, serta JOB Tomori.

Baca Juga  ACEXI Tingkatkan Kapabilitas Ahli Emisi untuk Dorong “Impact” Berkelanjutan

Sedangkan penghargaan predikat PROPER Hijau berhasil diraih Pertamina EP Pangkalan Susu Field, Pertamina EP Jambi Field, Pertamina EP Prabumulih Field, Pertamina EP Adera Field, PHE Ogan Komering, PHE Kampar, PHE NSO, Pertamina EP Ramba Field, Pertamina EP Subang Field, Pertamina EP Tambun Field, Pertamina EP Jatibarang Field, PHE ONWJ, Pertamina Hulu Sanga-Sanga (PHSS), Pertamina EP Tarakan Field, Pertamina EP Sangatta Lapangan Semberah, Pertamina EP Sangatta Field, Pertamina EP Bunyu Field, Pertamina EP Tanjung Field Field, dan Pertamina EP Papua Field.

“PHE beserta seluruh entitas di dalamnya mempunyai komitmen untuk menjaga kesinambungan aspek operasi, aspek lingkungan, dan aspek sosial. Bagi kami, PROPER telah menjadi indikator bagaimana komitmen pengelolaan lingkungan dan sosial sekitar wilayah kami beroperasi. Kami juga mengucapkan apresiasi kepada seluruh pemangku kepentingan terkait. Kami akan terus menjadikan prestasi ini sebagai motivasi untuk terus meningkatkan program yang berkelanjutan melalui berbagai inovasi,” pungkas Awang.

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

194 Points
Upvote Downvote

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *