in ,

Lima Cara Agar Startup Temukan Product Market Fit

  • Dengarkan umpan balik pengguna

Pemikiran kritis menjadi hal esensial yang harus dimiliki semua founder startup. Untuk bisa mencapai PMF, maka jalan terbaik untuk memahami target pengguna adalah mendengarkan secara langsung kebutuhan, keinginan, hingga harapan pelanggan. Prinsipnya, semua pengguna ingin mencoba layanan startup supaya bisa mempermudah hidup.

  • Fleksibel dalam mengadaptasi produk

Faktanya, tidak semua startup sering digunakan oleh pengguna. Bergantung pada jenis bisnisnya. Ada startup yang hanya digunakan sekali sebulan atau dalam beberapa bulan. Hal ini akan menurunkan tingkat retensi pengguna. Untuk itu, disarankan founder startup membangun produk atau fitur-fitur baru yang bisa melengkapi fitur utama. Jangan bergantung di satu hal, tapi harus berani berevolusi. Misalnya, perhatikan beragam perubahan gaya hidup masyarakat di era new normal.

  • Fokus mengembangkan “power user”
Baca Juga  Jokowi Resmikan Bandara Panua Pohuwato di Gorontalo

Kenali siapa saja power user atau pengguna setia dan berfokuslah untuk memperluas segmen itu dengan membangun produk-produk baru sesuai dengan kebutuhan mereka.

Mengingat pentingnya tahap PMF bagi startup, Kemenkominfo berharap dapat terus menggelar SSI dan mencetak 150 startup lokal berkualitas serta mampu bertumbuh pesat.

Ditulis oleh

Baca Juga  Menlu Retno: Indonesia Diplomasi Redakan Ketegangan Iran dan Israel

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *