in ,

AS Akan Akhiri Perjanjian “Tax Treaty” dengan Hongaria

AS Akan Akhiri Perjanjian
FOTO: IST

Pajak.com, AS – Departemen Keuangan Amerika Serikat (Depkeu AS) akan akhiri perjanjian penghindaran pajak berganda (tax treaty) dengan Hongaria. Dalam sebuah pernyataan, Depkeu AS telah menyimpulkan bahwa perjanjian itu sekarang terlalu sepihak dan memberikan sedikit manfaat bagi bisnis dan investor AS.

“Amerika Serikat, di seluruh pemerintahan, telah lama memiliki keprihatinan dengan sistem pajak Hongaria dan perjanjian Hongaria. Kami membahas masalah ini dengan Hongaria mulai musim gugur yang lalu, tetapi mengambil langkah ini karena kurangnya tindakan yang memuaskan dari Hongaria untuk mengatasi masalah ini,” kata Depkeu AS dikutip dari The Wall Street Journal, Sabtu (9/7).

Langkah AS ini disebut-sebut serangan balasan terhadap Hongaria yang selama beberapa bulan terakhir telah menghambat kesepakatan pajak minimum global, yang terus-terusan dinegosiasikan tahun lalu oleh Menteri Keuangan AS Janet Yellen. Pasalnya, sebagai anggota Uni Eropa, Hongaria harus memberikan persetujuannya sebelum blok tersebut dapat menyetujui aturan luas untuk menerapkan sistem baru.

Baca Juga  Pemkot Medan Bentuk Tim Go Sahabat Pajak, Ini Tugasnya

Wakil Presiden Eksekutif Tax Foundation Daniel Bunn mengungkapkan, pengumuman tersebut mengisyaratkan pemerintah AS ingin meningkatkan tekanan pada Hongaria untuk memajukan pajak minimum.

“Menonaktifkan perjanjian pajak adalah masalah besar dan akan merusak pengaturan bisnis antara AS dan Hongaria,” kata Bunn.

Sebelumnya, sikap Hongaria terhadap pajak minimum global telah menarik beberapa pujian dari Partai Republik di Kongres. Baru-baru ini, anggota kongres Adrian Smith dan Mike Kelly bersurat kepada duta besar Hongaria untuk mengatakan bahwa mereka berbagi keprihatinan negara tentang perjanjian pajak dan mendorong lebih banyak dialog.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0